Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 6,2 Guncang Bitung Sulawesi Utara, Warga Sempat Panik

Kompas.com - 24/03/2019, 12:39 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, Sulawesi Utara, diguncang gempa bumi, Minggu (24/3/2019) pukul 11.37 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi magnitudo 6,2.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,71 LU dan 126,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 kilometer arah timur Kota Bitung, Sulut, pada kedalaman 61 kilometer.

Baca juga: Tinggal di Bawah Pohon Mangga, Korban Gempa Lombok Bahagia Bertemu Presiden

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas deformasi lempeng laut Maluku. Patut disyukuri bahwa meskipun pusat gempa berada di laut, gempa bumi ini kekuatannya tidak cukup besar sehingga tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, seperti dikutip dari rilis tertulis, Minggu siang.

Saat ini, lanjut dia, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Jailolo, Weda ,Ternate III MMI, Manado, Tondano, Bitung III -IV MMI, Tahuna, Siau, Bolaang Uki II-III MMI," kata dia.

Ia menambahkan, hingga pukul 11.47 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,7 Guncang Poso, Tidak Berpotensi Tsunami

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar dia.

Pantauan Kompas.com, gempa tersebut sempat membuat warga di Kota Manado panik.

Para warga yang sementara makan di sebuah rumah makan, dan berbelanja di salah satu apotek di ruas Jalan Martadinata, Kelurahan Dendengan Luar, Kecamatan Paal Dua, serentak keluar dari dalam bangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com