Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut 4 Ton Alkitab Jatuh ke Jurang

Kompas.com - 23/03/2019, 12:20 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Sebuah truk yang membawa ribuan Alkitab seberat 4 ton jatuh dan terguling-guling ke jurang di Jalan Poros Polewali Mandar-Mamasa, Sulawesi Barat, Sabtu (23/3/2019).

Truk bernomor polisi DD 8829 KZ itu mengalami kecelakaan tunggal diduga karena tak mampu mendaki di jalan tanjakan sehingga berjalan mundur dan terperosok di bibir jurang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, tetapi kondisi truk mengalami ringsek.

Peristiwa itu terjadi di Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi Polewali Mandar, beberapa ratus meter dari perbatasan Kabupaten Mamasa.

Keluarga korban, Sambas, mengatakan, truk pembawa ribuan Alkitab ini berangkat dari Kota Makassar menuju Kabupaten Mamasa. Menurutnya, jumlah Alkitab ini sangat banyak dan belum dihitung. Namun, ia merinci setiap dus kecil berisi 40 Alkitab, sementara dus besar berisi 80 Alkitab.

"Ini Alkitab bantuan untuk siswa sekolah di Mamasa," katanya saat memindahkan Alkitab di lokasi kejadian, Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Sopir Truk Tabrak Pengendara Motor di Palembang, Seorang Ibu Muda Tewas

Menurut Sambas, penyebab truk tersebut jatuh diduga karena tidak mampu berjalan melintasi tanjakan yang tak jauh dari lokasi kecelakaan. Truk ini kemudian jalan mundur sebelum tergelincir hingga terguling-guling beberapa kali sebeelum tertahan di sela-sela jurang dalam.

Sopir dan penumpang yang juga pemilik Alkitab ini selamat dalam kecelakaan itu setelah berhasil melompat. Kedua korban mengalami cedera di kepala belakang, luka lecet di kepala, punggung dan dagu. Keduanya kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali.

"Tidak ada luka parah. Cuma tanganku yang lecet," kata sopir truk di rumah sakit.

Kasat Lantas Polres Polman AKP Rusli Said mengatakan, penyebab kecelakaan diduga akibat mobil melebihi kapasitas muatan hinga kesulitan mendaki tanjakan.

"Alhamdulillah, kedua penumpang termasuk sopir selamat. Diduga truk ini mengalami kecelakaan karena kelebihan beban, apalagi mendaki,” kata Rusli.

Baca juga: Tiga Truk di Banyuasin Alami Kecelakaan Beruntun, Satu Orang Tewas

Anggota dari Satuan Unit Lalu Lintas Polres Polman telah mendatangi lokasi kejadian. Namun, sulitnya medan membuat petugas kesulitan mengangkat truk.

Rencananya truk akan diangkat dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com