Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Gila, Perusak Masjid dan TPQ di Banyumas Ini Mengaku Waras

Kompas.com - 22/03/2019, 21:10 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tersangka perusakan masjid dan TPQ di Desa Buniayu, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengaku dirinya sehat, baik jasmani maupun rohani.

"Kulo sehat sempurna, normal uteke, ning jantung kalih empedune sing sakit (Saya sehat sempurna, normal otaknya, cuma jantung dan empedunya yang sakit)," katanya disambut gelak tawa polisi dan warga yang melihat prarekonstruksi di lokasi kejadian, Jumat (22/3/2019).

Saat menjalani prarekonstruksi, tersangka dapat dengan jelas menunjukkan lokasi yang menjadi sasaran aksinya. Dia juga dapat menjelaskan dengan lugas apa yang dilakukan, meskipun terkadang omongannya ngelantur.

Lokasi pertama yang ditunjukkan adalah kompleks Ponpes Miftahul Falah. Kemudian bergeser ke TPQ dan Masjid Darussalam. Selanjutnya menuju rumah Kiai Abdul Majid yang dilempar batu.

Baca juga: Pelaku Perusakan Masjid dan TPQ Diduga Alami Gangguan Jiwa

Pengasuh Ponpes Mihtahul Falah, KH Daelami Yusuf, mengatakan tersangka beberapa tahun lalu pernah menjadi santrinya. Tersangka menuntut ilmu di ponpes itu selama kurang lebih tiga tahun saat duduk di bangku SMK.

"Pernah belajar di pondok, sekolahnya di SMK di Ayah, Kabupaten Kebumen, pulangnya ke pondok. Tiga tahun ngaji di sini, dia jujur, bagus anaknya," ujar dia.

Menurut dia, tingkal laku tersangka mulai janggal sepulang dari menuntut ilmu di Jatim. Selepas dari Ponpes Miftahul Falah, tersangka menuntut ilmu di Jatim untuk mendalami hafalan Al Quran.

Terkait alasan tersangka melakukan aksi itu karena sakit hati dikeluarkan dari pesantren, Daelami membantahnya.

"Alasannya keluar dari pondok waktu itu, katanya mau hapalkan Al Quran, pengin hapal Al Quran, di Jatim. Itu ya bagus, tapi harus lihat situasi, harus pawakan (pembawaannya) Al Quran, ditangkapnya saya nggalak-nggalaki (memarahi) mungkin," kata dia.

Baca juga: Polisi Ringkus Tersangka Perusakan Masjid dan TPQ di Banyumas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com