Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Optimistis Pelaksanaan Pilpres di Jabar Aman dan Kondusif

Kompas.com - 22/03/2019, 14:26 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimis proses pemilihan Presiden dan legislatif 2019 di Jawa Barat berjalan lancar dan kondusif.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri apel kesiapan jelang Pemilu 2019 di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (22/3/2019).

Ia mengatakan, optimisme itu muncul merujuk pada pelaksanaan Pilkda serentak tahun lalu yang relatif berlangsung aman.

"Track record Jawa Barat tidak ada masalah, selalu damai di Pilkada serentak 2018, tidak ada kaca pecah, tidak ada peluru yang lepas, tidak ada darah yang tumpah," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: 12 Ribu Personil Keamanan Disiagakan untuk Pemilu 2019 di Jombang

Emil pun berpesan kepada jajaran Polri dan TNI untuk mewaspadai segala hal yang berpotensi mengganggu keamanan selama pesta demokrasi berlangsung.

"Mewaspadai potensi dan segera melakukan tindakan menetralisir hal yang dianggap punya potensi mengganggu keamanan dan tetap dalam pengamanan harus terukur sesuai dengan koridor dan aturan," tutur Emil.

Sesuai dengan pidato dari Menkopolhukam, Emil berharap aparat keamanan di tiap daerah harus menjamin ketenangan warga dari penyebaran berita bohong yang kerap merebak jelang Pemilu.

"Dan yang mengemuka juga adalah kita harus khususnya Babinsa dan Bhabinkabtibmas memastikan masyarakat tenang dari berita bohong, berita hoaks yang menjelang Pemilu ini," jelasnya. 

Baca juga: Wiranto Ingatkan TNI-Polri Amankan Pemilu 2019 Sesuai Aturan Hukum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com