Kabut Asap di Rengat, Indragiri Hulu, Hilang Setelah Diguyur Hujan

Kompas.com - 21/03/2019, 14:55 WIB
Kondisi di Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, sudah tampak bersih dari kabut asap setelah diguyur hujan, Kamis (21/3/2019). Sebelumnya kabut asap cukup tebal menyelimuti Kota Rengat lebih kurang sepekan. Dok. Polres Inhu KOMPAS.com/IDON TANJUNGKondisi di Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, sudah tampak bersih dari kabut asap setelah diguyur hujan, Kamis (21/3/2019). Sebelumnya kabut asap cukup tebal menyelimuti Kota Rengat lebih kurang sepekan. Dok. Polres Inhu

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kabut asap yang menyelimuti Kota Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, hilang setelah diguyur hujan, Kamis (21/3/2019) pagi.

Hingga Kamis siang, hujan dengan intensitas sedang masih melanda sejumlah wilayah di Inhu.

"Alhamdulillah, tadi kami pantau dari udara Rengat sudah tidak ada kabut asap setelah diguyur hujan," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger pada Kompas.com, usai melakukan peninjauan karhutla di Kabupaten Inhu, Kamis.

Baca juga: Seorang Lansia Tewas Dalam Kebakaran di Kompleks Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Meski demikian, kata dia, kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, masih terjadi.

"Titik api dipermukaan sudah padam. Hanya saja api masih ada di dalam gambut. Saat ini, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat terus melakukan pemadaman," kata Edwar.

Dia berharap, dengan turunnya hujan saat ini dapat membantu memadamkan api kebakaran lahan tersebut.

Baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Riau

"Kami berharap hujan dapat memadamkan api karhutla di Riau," harap Edwar.

Diberitakan sebelumnya, sudah sepekan kabut asap melanda Rengat, Ibu Kota Kabupaten Inhu, Riau.

Kabut asap muncul akibat kebakaran lahan yang terjadi di Desa Sungai Guntung Hilir dan Desa Sungai Guntung Tengah, yang terjadi sejak sepekan terakhir. Kabut asap ini juga sudah berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X