Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Utara Masih Diguyur Hujan hingga 3 Hari ke Depan, Berpotensi Banjir dan Longsor

Kompas.com - 20/03/2019, 22:02 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mengungkapkan, sampai tiga hari ke depan, wilayah Papua bagian utara atau di seputaran Kota dan Kabupaten Jayapura masih diguyur hujan.

Hal itu disampaikan Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG V Jayapura, Suroto, ketika dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (20/3/2019) malam melalui telepon selulernya.

Suroto menjelaskan, hingga malam ini, hujan masih mengguyur Kota dan Kabupaten Jayapura, dengan intensitas ringan, sedang dan lebat.

Lebih rinci ia menjelaskan, wilayah Distrik Jayapura Utara dan Distrik Jayapura Selatan saat ini hujan turun dengan kategori sedang dan lebat.

“Kalau di wilayah Jayapura Utara hujan mencapai ketinggian 11,6 dan Jayapura Selatan hujan mencapai ketinggian 43,8 mm. Hal ini dapat berpotensi terjadinya banjir (genangan air) dan juga longsor,” katanya.

Baca juga: Pria di Timika Ini Rela Jual Motor untuk Korban Banjir Bandang Jayapura

Sementara untuk wilayah di Distrik Muara Tami, ungkap Surot, hujan saat ini sudah mulai resah atau masuk ke kategori ringan. Begitu juga dengan wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Namun semua warga juga diminta untuk tetap waspada. Apalagi hujan masih akan turun sampai 3 hari ke depan,” katanya.

Nelayan diimbau waspada

Suroto menegaskan, saat ini gelombang di laut mencapai 1 hingga 2,5 meter, sehingga para nelayan yang menggunakan kapal kecil diminta untuk waspada saat melaut.

“Saat ini gelombang laut mencapai 1 hingga 2,5 meter, tentunya para nelayan yang menggunakan kapal kecil harus waspada ketika mencari ikan. Apalagi, kapal kecil kita tak mampu menahan ombak minimal di ketinggian 1,5 meter,” katanya.

Tingkatkan patroli

Kepolisian Resor Kota Jayapura pun meningkatkan patroli untuk mengantisipasi banjir dan longsor di wilayah hukumnya.

“Saat ini personel kami terus bersiaga dan meningkatkan patroli di permukiman warga, khususnya daerah yang rawan banjir dan juga longsor,” kata Kabag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra, saat dikonfirmasi malam tadi.

Baca juga: 5 Fakta Bencana Alam di Jayapura, Korban Jiwa 104 Orang hingga 9.691 Orang Mengungsi

Jahja menegaskan, pimpinan telah menginstruksikan kepada seluruh warga di Kota Jayapura, khususnya yang tinggal di bantaran sungai dan di lereng-lereng tebing untuk mewaspadai terjadinya banjir dan longsor.

“Sampai saat ini hujan terus turun. Kita berdoa agar tak terjadi lagi musibah, baik banjir maupun longsor, apalagi sampai memakan korban jiwa,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com