Didominasi Santri, KPU Jombang Terima 1.584 Pemilih Pendatang

Kompas.com - 20/03/2019, 19:48 WIB
Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) di KPU Jombang, Rabu (20/3/2019). KOMPAS.com/MOH. SYAFIISuasana Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) di KPU Jombang, Rabu (20/3/2019).

JOMBANG, KOMPAS.com - Jumlah pemilih dari luar daerah yang akan memilih di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Pemilu 2019 mendatang, sebanyak 1.584 pemilih.

Data tersebut terungkap saat Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Jombang menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) di KPU Jombang, Rabu (20/3/2019).

Anggota KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, berdasarkan data yang masuk, para pemilih pendatang yang akan menggunakan hak pilihnya di Jombang saat Pemilu 17 April 2019 mendatang, didominasi kalangan santri.

Baca juga: Menurut TKN, Video Terkait NU dan Hari Santri Bukan Kampanye Hitam

"Paling banyak di Pondok Pesantren, mayoritas santri," ujar Burhan, saat ditemui seusai rapat pleno tersebut, Rabu.

Namun, pihaknya belum bisa menyampaikan rincian berapa jumlah santri yang tercatat akan memilih di Jombang.

Sebanyak 1.584 pemilih pendatang di Jombang berasal dari kalangan santri, mahasiswa dan masyarakat umum, serta para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Dia melanjutkan, pelayanan pindah memilih tidak hanya berlaku untuk para santri. Pindah lokasi memilih bisa diajukan seluruh warga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan hak pindah tempat untuk mencoblos pada 17 April 2019 mendatang.

Berdasarkan rekapitulasi, Burhan menyebut adanya pemilih pendatang yang mengurus Form A5 di KPU Jombang sebanyak 1.316 pemilih. Lalu, pemilih yang mengurus lewat KPU di daerah asalnya sebanyak 268 orang pemilih.

Saat pemungutan suara Pemilu 2019 nanti, para pemilih pendatang tersebut akan menyebar di 158 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 74 Desa.

"Jadi (pemilih) yang masuk mengurus di tempat asal jumlahnya 268 orang, kemudian yang masuk dan mengurus di daerah tujuan jumlahnya 1.316. Jadi jumlahnya 1.584 orang pemilih," ungkap dia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X