Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Produk Harus Berlisensi Halal pada 2019

Kompas.com - 20/03/2019, 11:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com — Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lukmanul Hakim menegaskan, semua produk yang beredar di Indonesia harus mempunyai sertifikat halal mulai 2019 ini.

Sebelum 2019, sertifikat halal masih bersifat kesukarelaan. Namun, setelah terbitnya Undang-Undang Jaminan Produk Halal, semua produk harus punya lisensi halal.

"Sesuai UU Jaminan Produk Halal, tahun 2019 ini mulai pemberlakuan mandatori halal. Semua produk yang masuk harus berlisensi halal," kata Lukman di sela-sela kunjungan ke pabrik jamu Sido Muncul di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Bahan Baku Cat Berpotensi Mengandung Babi, MUI Keluarkan Sertifikasi Halal

Lukman mengatakan, lisensi halal bermanfaat, baik bagi konsumen maupun produsen. Produk yang berlisensi halal akan membuat konsumen lebih percaya.

Selain itu, lisensi halal juga membuat produk mempunyai daya saing lebih dibanding produk yang belum berlisensi.

"Halal jadi kompetitif dan branding pada produk," katanya.

Lukman menjelaskan, MUI telah menjalin kerja sama dengan lembaga terkait di negara-negara di dunia dalam bilang sertifikasi produk halal, dalam hal ini Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

Melalui kerja sama itu, produk-produk yang telah diaudit dan disertifikasi oleh MUI di Indonesia akan secara otomatis bebas masuk pasar di negara-negara organisasi kerja sama Islam (OKI).

Sementara terkait kunjungannya ke pabrik jamu, Lukman menyatakan kebanggaannya karena produk kearifan lokal dikemas secara modern dan mempunyai lisensi halal.

Menurut dia, produk-produk yang berbasis kearifan lokal harus didukung untuk bersaing di pasar internasional, salah satunya melalui perlindungan.

"Saya hadir untuk memberi support. Saya jujur terkesima melihat produk kearifan lokal yang dikemas modern. Standar juga sudah internasional," katanya.

"Ini juga didukung riset dan development, laboratorium kualitas kontrol itu 24 jam. Ini jadi bukti produk tradisional tidak diproduksi main-main, tapi secara serius dengan teknologi," ujarnya. 

Kompas TV Dalam segmen smart financial wisdom di Sapa Indonesia Pagi, kali ini akan membahas tema mengenai Transaksi Keuangan dan Investasi Halal. Apa saja sektor ekonomi syariah yang tersedia? Bagaimana memilih berinvestasi di bidang yang halal? Simak dialognya bersama Financial Expert Halofina, Mohammad B. Teguh. #TransaksiKeuangan #TipsPilihInvestasi #KelolaKeuangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com