Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Pastikan Tak Ada Lagi Korban Terjebak Longsor Air Terjun Tiu Kelep

Kompas.com - 18/03/2019, 14:43 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Tim Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue/SAR) gabungan pada Senin memastikan sudah tidak ada lagi korban yang terjebak di longsor air terjun Tiu Kelep, yang berada satu lokasi dengan Air Terjun Sindang Gile di Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, pasca-gempa Lombok, Minggu (17/3/2019).

"Semua lokasi sudah kita susur dan bisa kita pastikan tidak ada lagi korban yang tersisa di dalam kawasan. Jadi WNA Malaysia itu yang terakhir," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya di Senaru seperti dikutip dari Antaranews, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Wisatawan Malaysia Korban Longsor di Air Terjun Tiu Kelep Telah Dievakuasi

Tim SAR Gabungan yang terdiri atas personil TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, dan unit SAR lain menyusuri seluruh daerah wisata tersebut dengan bantuan anjing pelacak dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat.

"Dengan memanfaatkan penciuman anjing pelacak dari Polda NTB, kita susur seluruh tempat dan tidak ada ditemukan korban lain, jadi semuanya sudah clear," kata I Nyoman Sidakarya.

Baca juga: Pascagempa, Wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sindang Gile Ditutup

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi jenazah perempuan warga negara Malaysia yang diduga bernama Lim Sai Wah dari tumpukan bebatuan besar dekat Air Terjun Tiu Kelep sekitar pukul 08.30 Wita.

Perempuan Malaysia itu masuk ke kawasan wisata air terjun Tiu Kelep bersama rombongan wisata pada Minggu sore, ketika gempa tektonik memicu longsornya bebatuan dan tanah bukit yang ada di tepi kanan kiri jalur menuju air terjun.

Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah saat memantau upaya evakuasi di Lombok Utara, Minggu malam, menyatakan, laporan yang dia terima bencana itu menyebabkan tiga orang meninggal dunia, satu warga Senaru dan dua warga Malaysia, serta sekitar 32 orang terluka sehingga harus menjalani perawatan medis di Puskesmas dan rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com