Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Merah Putih Sepanjang Jembatan Suramadu Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 17/03/2019, 17:31 WIB
Achmad Faizal,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kampanye keselamatan berkendara di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), memecahkan tiga rekor MURI sekaligus, Minggu (17/3/2019).

Rekor-rekor tersebut yaitu bentang bendera merah putih terpanjang, rekor senam dayung di atas perahu, dan tari Gandrung di atas Jembatan Suramadu.

Rekor bendera merah putih tercatat memiliki panjang 5,4 kilometer atau sepanjang Jembatan Suramadu. Sementara rekor senam dayung dinilai dengan peserta terbanyak yakni mencapai 2.000 orang yang menari di atas perahu di bawah Jembatan Suramadu.

Sementara tari Gandrung diikuti juga oleh 2.000 penari di jembatan.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, pihaknya sengaja mengemas acara "Millenial Road Safety Festival 2019" semenarik mungkin untuk menghadirkan banyak pengunjung, khususnya kalangan milenial.

"Karena kampanye ini penting untuk mengajak kalangan milenial agar memperhatikan keselamatan dalam berkendara," kata Barung di lokasi kampanye, Minggu.

Baca juga: Polisi Kampanye Keselamatan Berkendara, Suramadu Ditutup 7 Jam

Kampanye keselamatan berkendara menyasar kelompok millenial karena sebagian besar korban kecelakaan berasal dari kelompok milenial.

"Angkanya lebih dari 50 korban kecelakaan setiap harinya di Jawa Timur, sebagian besar usia muda," ujarnya.

Pantauan Kompas.com, warga sudah memenuhi jembatan Suramadu hingga sisi Madura sejak Minggu pagi. Jembatan Suramadu ditutup sejak pukul 04.00 WIB. Warga memilih berjalan di jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu.

Baca juga: Hoaks, Flyer Tiket Kapal Digratiskan Saat Suramadu Ditutup pada 17 Maret 2019

Acara tersebut sempat mengakibatkan kepadatan di jembatan sisi Surabaya dan Madura.

Berbagai pertunjukan dihadirkan dalam acara tersebut, seperti musik patrol jalanan, paramotor dan helikopter, pertunjukkan kapal nelayan, aksi freestyle sepeda motor dan mobil, aksi dara semeru polda Jatim.

ada juga hiburan musik dengan artis Via Vallen, tari-tarian tradisional Jawa Timur, serta pertunjukan marching band dari Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut

Selama Jembatan Suramadu ditutup, arus lalu lintas dari Surabaya ke Madura maupum sebaliknya, dialihkan ke penyeberangan Ujung-Kamal. Ada empat armada kapal penyeberangan yang disediakan gratis bagi pengendara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com