Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Landa Kota Jayapura, 7 Orang Tewas

Kompas.com - 17/03/2019, 08:32 WIB
Dhias Suwandi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Hujan lebat yang menerpa kawasan Jayapura, Sabtu (16/3/2019) malam, juga menyebabkan longsor di kawasan Ampera, Kelurahan Numbay, Kota Jayapura, Papua. Tujuh orang tewas dalam peristiwa tersebut.

"Tadi malam longsor terjadi sekitar 00.15 WIT. Kami sudah evakuasi 6 korban. Empat meninggal dan 2 luka-luka. Itu selesai sekitar pukul 03.00 WIT," ujar Kepala BPBD Kota Jayapura Bernhard Lamia ketika dihubungi Kompas.com melalui telepon, Minggu (17/3/2019) pagi.

"Sekarang dari 3 korban tewas baru 2 yang ketemu, tetapi sudah terlihat dalam keadaan meninggal, jadi 7 tewas," tambahnya.

Baca juga: Banjir Bandang Sentani Jayapura, Sudah 38 Kantong Jenazah Tiba di RS Bhayangkara

Longsor yang terjadi, lanjut dia, tidak menimpa banyak rumah. Namun, longsor menerjang salah satu rumah yang kebetulan dihuni oleh banyak anggota keluarga sehingga korban tewas menjadi banyak.

"Dua rumah yang terkena longsor tetapi di situ padat. Ada 1 rumah kos besar cuma kena sayapnya saja, tapi yang 2 rumah ini sudah habis," katanya.

Bernhard menuturkan, sejak Minggu dini hari tim BPBD Kota Jayapura terus berusaha mengevakuasi korban tetapi hingga kini, satu korban tewas pun belum berhasil diangkat dari reruntuhan.

Baca juga: Cerita di Balik Gaya Baru Risma Kenakan Sepatu Boots Dr Martens

Keterbatasan alat, menurut dia, membuat tim cukup lama melakukan evakuasi. Baru pada pagi hari, BPBD Kota Jayapura mendapat bantuan alat berat.

"Tadi malam kami evakuasi secara manual tapi sekarang kami pakai alat berat yang kami sewa. Sampai sekarang kami masih evakuasi, dipastikan 7 orang meninggal dan tidak ada laporan orang hilang lagi," katanya.

Akibat longsor tersebut, satu ruas Jl Adipura hilang dan hingga kini areal tersebut belum ditutup meski sangat berisiko terjadinya longsor susulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com