ISNU: Penembakan di Masjid Selandia Baru adalah Tindakan Keji

Kompas.com - 15/03/2019, 16:21 WIB
Ketua Umum PP ISNU Ali Masykur Musa (kiri) dan Sekretaris Umum M Kholid Syeirazi. KOMPAS.com/ FARID ASSIFAKetua Umum PP ISNU Ali Masykur Musa (kiri) dan Sekretaris Umum M Kholid Syeirazi.

KOMPAS.com — Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama ( ISNU) Ali Masykur Musa mengecam aksi penembakan yang terjadi di dalam Masjid Al Noor di kota Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3/2019).

Ali menegaskan, penembakan brutal yang telah menewaskan 40 orang itu adalah serangan teror yang kejam.

"Itu tindakan biadab dan sangat tidak berperikemanusiaan. Siapa pun dan agama apa pun sangat tidak membenarkan tindakan keji tersebut," kata Ali dalam siaran pers, Jumat.

"Kami mengucapkan belasungkawa kepada korban meninggal. Kami juga dengar ada beberapa warga Indonesia yang ikut jadi korban. Kami sangat berduka mendalam," ucapnya.


Kendati demikian, Ali mengimbau warga Indonesia, khususnya umat Islam, agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut.

Baca juga: PBNU: Penembakan di Masjid di Selandia Baru Tindakan Biadab

Ali mengajak agar Islam di Indonesia terus dikembangkan, yakni Islam yang ramah, moderat, dan menjunjung perdamaian.

"Kami mengapresiasi kerja cepat Kementerian Luar Negeri RI lewat Kedutaan Besar di Selandia Baru. Kami imbau masyarakat tetap tenang dan mengikuti segala perkembangan melalui keterangan resmi yang disampaikan pemerintah," katanya.

Selain itu, kata Ali, Pemerintah Selandia Baru juga sedang menangani kasus tersebut. Bahkan, kepolisian di Selandia Baru sudah sigap dan menangkap empat orang yang diduga terkait aksi tersebut.

"Pemerintah Selandia Baru sedang bertindak dan mengusut kasus ini. Mari kita percayakan kepada mereka," katanya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington terus memantau perkembangan situasi dan telah mengirimkan tim ke Christchurch untuk berkoordinasi dengan otoritas keamanan, rumah sakit, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia setempat.

Adapun di wilayah Christchurch terdapat 331 WNI, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 kilometer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X