Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jumat, Stasiun Batang Beroperasi Kembali

Kompas.com - 14/03/2019, 14:05 WIB
Ari Himawan Sarono,
Khairina

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com- Sebanyak 110 penumpang kereta api siap meramaikan peluncuran reaktivasi Stasiun Batang, Jawa Tengah menuju Stasiun Poncol Semarang.

"Untuk persiapan launching reaktivasi Stasiun Batang sudah mencapai 100 persen dan sudah sesuai dengan standar pelayanan minimum," kata Kepala Daop 4 Semarang Muhammad Nurul Huda, Kamis (14/3/2019) saat audiensi dengan Bupati Batang Wihaji di kantor bupati setempat.

"Infrastruktur loket tiket, keamanan stasiun, dan boarding pass sudah disiapkan semuanya, bagi masyarakat yang membeli tiket secara online juga sudah siap," katanya.

"Di hitungan terakhir, penumpang kereta api di Stasiun Batang untuk launching reaktivasi sudah ada 110 orang, termasuk rombongan bupati dan penumpang umum, sehingga Jumat (15/3/2019), biasanya enam gerbong, akan ada penambahan dua gerbong. Untuk rencana pemberangkatannya mulai pukul 06.00 WIB," jelas Muhammad Nurul Huda.

Baca juga: PT KCI Kampanyekan Pencegahan Pelecehan Seksual di Stasiun Sudirman

Dijelaskan pula, untuk sementara ada enam kereta yang akan berhenti di Batang, yaitu empat Kereta Api Kaligung dan dua Kereta Api Menoreh. Untuk waktunya, pagi pukul 06.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, untuk reaktivasi stasiun, Pemkab Batang sudah menyiapkan juga angkutan umum atau angkutan masal, seperti angkot untuk penumpang kereta api menuju ke Stasiun Batang dan juga ojek konvensional dan ojek online.

"Rencana ke depan, akan ada pelebaran jalan menuju stasiun, dan sebagai tempat lahan parkir dan nanti barangkali juga untuk pedagang kaki limanya, karena pegagang tidak boleh masuk ke area stasiun," kata Wihaji.

Ia juga mengatakan, dengan aktifnya kembali Stasiun Batang menambah banyak pilihan alternatif moda transportasi bagi masyarakat Batang dan luar Batang yang ingin berpergian.

"Ini bagian dari memberikan pelayanan transportasi bagi masyarakat, semoga ini juga akan mendukung tahun dan kunjungan wisata 2022, sehingga menambah banyak pula masyarakat yang berkunjungan dan berwisata di Batang," katanya

Untuk meramaikan peluncuran reaktivasi stasiun, Bupati  Batang bersama Kepala OPD naik perdana kereta api menuju Stasiun Poncol Semarang dan akan pulang pukul 14.00 WIB yang akan Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Batang.

Kompas TV Kondisi jalur perlintasan kereta commuter line di daerah Kebon Pedes, Kota Bogor sudah dapat dilalui pada kedua arahnya, baik dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Cilebut maupun sebaliknya, Senin (11/3) malam. Pasca-penormalan jalur perlintasan di daerah Kebon Pedes, kendaraan baik roda dua maupun roda empat dilarang melintas untuk beberapa hari ke depan. Pasalnya pihak PT KAI masih melakukan perbaikan bantalan rel di daerah tersebut. #KRLAnjlok #KRLJatinegaraBogor #KebonPedes
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com