Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Sebut Tidak Terlihat Api Karhutla Lagi di Rupat

Kompas.com - 14/03/2019, 06:33 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau lokasi bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (13/3/2019).

Panglima TNI menyebut, bahwa api dan asap di Kecamatan Rupat sudah padam.

"Beda ya. Saya perbandingkan ketika saya datang (pertama kali) terjadi asap. Itu saya lihat dari udara, waktu itu saya hitung hampir delapan titik (api) mengeluarkan asap. Tapi yang terbesar adalah di Rupat ini," ungkap Hadi, saat diwawancarai wartawan di sela meninjau lokasi lahan bekas terbakar di Kecamatan Rupat, Rabu.

Setelah peninjauan yang kedua ke Rupat ini, kata dia, tidak ada lagi api terlihat.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lahan Bekas Terbakar di Rupat Bengkalis

"Tadi saya terbang (dengan helikopter), saya lihat semuanya sudah hijau. Tidak ada api dan asap sama sekali. Dan itu juga dibuktikan dari pantauan satelit hari ini, tidak ada titik api," ucap Hadi.

Dia berharap, kondisi saat ini dapat dipertahankan. Artinya, tidak terjadi lagi kebakaran hutan maupun lahan di Rupat tersebut.

"Karena kemungkinan-kemungkinan kebakaran itu tentu ada. Bisa alam dan bisa manusia," ujar Hadi.

Oleh karena itu, kata Hadi, Pasukan Kostrad masih ditempatkan di Rupat untuk mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan.

"Pasukan saya akan saya tempatkan di sini untuk melaksanakan patroli tiap hari, dan melaksanakan ambush (penyergapan). Kalau (pelaku karhutla) ketangkap, saya langsung serahkan ke kepolisian," tutup Hadi Tjahjanto.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau lokasi lahan bekas terbakar di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu.

Baca juga: Pasukan Kostrad Masih Dipertahankan Untuk Siaga Karhutla di Bengkalis

Dalam peninjauan itu, Tito dan Hadi didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Fadjar, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Kemudian, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Hermianto, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto dan sejumlah jajaran aparat pemerintahan daerah Kabupaten Bengkalis lainnya.

Sebagaimana diketahui, kebakaran lahan gambut di Kecamatan Rupat berlangsung lebih kurang satu bulan, yang menghanguskan kebun karet, sawit milik masyarakat. Luas lahan yang terbakar hampir mencapai ribuan hektare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com