Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siti Aisyah: Saya Bahagia Bisa Pulang ke Rumah

Kompas.com - 13/03/2019, 13:53 WIB
Acep Nazmudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia yang baru saja dibebaskan atas dakwaan kasus pembunuhan Kim Jong Nam, bahagia bisa kembali ke rumah setelah dua tahun ditahan di Malaysia.

Siti Aisyah tiba di kampung halamannya di Desa Sindangsari, Kecamatan Buaran, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (12/3/2019) malam. Namun ia baru bisa menyapa warga dan wartawan Rabu (13/3/2019) siang.

"Saya kecapekan semalam, setelah bebas di Malaysia dan Jakarta belum sempat tidur," kata Siti Aisyah saat berbincang dengan media di kediamannya, Rabu (13/3/2019).

Kendati demikian, rasa lelah tidak mampu menghapus senyuman dari wajahnya. Siti Aisyah mengaku sangat bahagia bisa pulang ke rumah setelah dua tahun melewati proses penahanan yang panjang di Malaysia.

"Enggak tahu mau ngomong apalagi, saya bahagia banget bisa ketemu keluarga, saudara dan warga kampung sini, saya sangat gembira," kata Aisyah mengungkapkan kegembiraannya.

Baca juga: Tiba di Kampung Halaman, Siti Aisyah Pingsan

Namun sayangnya, kegembiraan Siti Aisyah belum lengkap, lantaran saat ini dia belum bisa bertemu dengan anak semata wayangnya yang tinggal bersama keluarga suaminya di Jakarta.

"Anak saya lagi diajak jalan-jalan ke luar negeri sama mertua, jadi belum ketemu," kata dia.

Soal kasus yang baru saja dia alami, Siti Aisyah mengaku enggan untuk membahasnya. Dia bilang, saat ini hanya ingin menikmati masa-masa berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

"Mudah-mudahan ke depannya jadi lebih baik dari kemarin bagi saya, dan keluarga besar saya," kata dia.

Siti Aisyah juga berharap, rekannya, Doan Thi Huong, yang masih diadili di Malaysia bisa dibebaskan seperti dirinya.

"Mudah-mudahan bisa diselesaikan (kasusnya) dan menyusul seperti saya dibebaskan juga," kata dia.

Diketahui Siti Aisyah dibebaskan setelah jaksa mencabut dakwaan pembunuhan terhadapnya dalam sidang yang berlangsung di Malaysia, Senin (11/3/2019) pagi ini.

Baca juga: Sambut Kedatangan Siti Aisyah, Warga Bentangkan Spanduk Terima Kasih Jokowi

Siti dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan mengusapkan zat beracun VX pada wajah cucu pendiri Korea Utara itu saat dia tengah menunggu pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Februari 2017.

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong mengaku mereka diperdaya seseorang yang mirip warga Jepang atau Korea, yang membayar mereka 400 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 1,2 juta untuk aksi yang dianggap mereka sebagai acara kelakar televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com