Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Nasabah Kaya di Sumut Tinggi, Membuat Bareksa Buka Kantor di Medan

Kompas.com - 12/03/2019, 23:57 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PT Bareksa Prioritas Indonesia memilih kota Medan untuk  lokasi kantor cabang pertama di luar Pulau Jawa. Alasannya, kota ini memiliki potensi pertumbuhan investor yang potensial khususnya di kelas nasabah dengan kemampuan finansial di atas rata-rata. 

Bareksa Prioritas Indonesia saat ini memiliki marketplace reksa dana Bareksa.com dan Jagartha Advisors. 

Berdasarkan Data Go Public Information Center BEI cabang Medan, jumlah Single Investor Identification (SID) di Sumatera Utara saat ini berada di angka 31.510 SID.

Dari jumlah tersebut, investor saham di Sumut sudah mencapai 28.000 orang, 21.000 di antaranya berada di Kota Medan dan sisanya tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ini. 

"Lebih spesifik, saat ini jumlah nasabah reksa dana Bareksa.com per Januari 2019 mencapai 380.000 nasabah atau lebih dari 30 persen jumlah nasabah reksa dana di seluruh Indonesia. Di Sumut sendiri, nasabah Bareksa.com berada di kisaran 3,31 persen," kata Co-Founder/CEO Bareksa.com Karaniya Dharmasaputra di Medan, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Sasar Kalangan Tajir, Ini Keuntungan Nasabah Bareksa Prioritas

Dengan potensi tersebut, peluang Bareksa Prioritas untuk menjaring nasabah khususnya kalangan atas (high net-worth) di Kota Medan masih sangat besar.

Potensi ini terlihat dari data jumlah investor pasar modal di Sumut yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Karaniya bilang, Bareksa Prioritas hadir dengan keunggulan lebih yang diyakini mampu memberi nilai tambah kepada nasabah.

Pertama, katanya, Bareksa Prioritas menggunakan aspek teknologi mulai dari proses on-boarding, transaksi, sampai pemantauan aset nasabah. Kedua, nasabah prioritas akan dikawal oleh seorang advisor dalam setiap proses investasinya.

"Ketiga, kami memberikan nilai eksklusif kepada nasabah lewat beragam benefit, salah satunya adalah layanan lifestyle concierge mewah bersama partner kami Bérn & Durell," ucapnya.

Bareksa Prioritas sebagai gerai distribusi reksa dana untuk kelas premium digagas oleh dua perusahaan yakni PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa.com) dan perusahaan penasihat investasi independen PT Jagartha Penasihat Investasi (Jagartha Advisors).

Sejak resmi didirikan pada 2018, Bareksa Prioritas telah memiliki lebih dari 10 advisor yang memiliki pengalaman rata-rata lebih dari 15 tahun di industri keuangan, perbankan dan pasar modal.

Gabungan kekuatan para advisor ini dikombinasikan dengan teknologi dan tentunya para perusahaan manajer investasi (MI) yang tergabung bersama Bareksa.com.

“Saat ini Bareksa telah bekerja sama dengan 35 MI dan menyalurkan penjualan atas 181 produk reksa dana dari beragam asset class terlengkap. Hal ini kami yakini akan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan untuk memperkuat penetrasi bisnis kami dalam melayani nasabah kaya di Sumut,” tambah Karaniya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com