Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Amankan Benih Lobster Selundupan Senilai Rp 37,2 Miliar di Batam

Kompas.com - 12/03/2019, 22:50 WIB
Hadi Maulana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com -Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah mengatakan, pihaknya menggagalkan aksi penyelundupan benih lobster atau baby lobster di perairan Batam, Kepulauan Riau yang akan diselundupkan ke Singapura, Selasa (12/3/2019).

 

Arsyad mengatakan, benih lobster yang diamankan sebanyak 44 styrofoam atau 1.399 kantong. Dengan rincian 41 styrofoam atau 1.293 kantong jenis pasir sejumlah 235.438 ekor dan 3 styrofoam atau 106 kantong jenis mutiara sejumlah 9.664 ekor.

Jika ditaksir nilainya mencapai Rp 37,2 miliar.

"Total baby lobster 245.102 ekor dengan nilai yang berhasil diselamatkan setara Rp 37,2 miliar," kata Arsyad melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Benih Lobster Senilai Rp 4 Miliar ke Luar Negeri

Penangkapan berawal dari informasi tim Hanoman yang mendapatkan informasi dari tim 1 (cucuk) yang bertugas memberikan informasi apabila ada speed boat yang melintas masuk dari wilayah Batam menuju Singapura dengan kecepatan tinggi.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, tim 2 SB Hanoman melaksanakan pengejaran dari daerah Sugi hingga perairan Teluk Bakau. Di sana petugas mengamankan speed boat tanpa nama di posisi 00°.55'.54" N 103°.47'.54" E

"Speed boat tanpa nama akhirnya berhasil diamankan, bahkan pelaku sempat kabur dan menabrakan speed boatnya ke daratan (dikandaskan) di bakau," jelasnya.

Baca juga: Polairud Polda Jabar Amankan 9575 Bayi Lobster Senilai Rp 2 Miliar

Saat ini benih lobster tersebut sedang dilakukan penyegaran di laboratorium kantor Stasiun KIPM Batam guna persiapan pelepasliaran yang akan dilakukan Rabu (13/3/2019) diperairan Sedanau, Natuna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com