Pesantren Lirboyo Terbitkan Maklumat Para Kiai untuk Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 12/03/2019, 22:29 WIB
Maklumat masyayikh pesantren Lirboyo untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin.KOMPAS.com/ handout Maklumat masyayikh pesantren Lirboyo untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin.

KEDIRI, KOMPAS.com - Pondok Pesantren Lirboyo, Jawa Timur, menyebarkan maklumat masyayikh (para kiai) untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti.

Penyebaran maklumat tersebut dibenarkan Adibussholeh Anwar, putra KH Anwar Manshur, pengasuh pondok pesantren Lirboyo saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (12/3/2019).

"Iya, betul (ada maklumat masyayikh)," ujar Adibussholeh Anwar, Selasa malam.

Maklumat tersebut, kata pria yang akrab disapa Gus Adib ini, merupakan respons pesantren atas banyaknya alumni yang menunggu arahan dan sikap resmi para masyayikh (kiai) Pesantren Lirboyo pada Pilpres 2019 ini.

Masih kata Gus Adib, dukungan pemenangan terhadap Jokowi-Ma'ruf itu tidak hanya melalui maklumat saja.

Baca juga: Alumni Jogja Gelar Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

 

Menurutnya, di lapangan juga kerap dilakukan konsolidasi dengan para alumni untuk mewujudkan dukungan itu.

Sebelumnya, maklumat yang berbentuk sebuah surat resmi dengan kop Pesantren Lirboyo tersebut beredar di masyarakat. Surat itu bertanggal 12 Maret 2019.

Maklumat tersebut menginstruksikan kepada para santri dan alumni untuk melakukan tiga hal pada Pilpres 2019, yang pada intinya yakni: tidak golput; menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab; serta memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf.

Selain itu, pada akhir maklumat juga terdapat tanda tangan dua tokoh, yakni KH Anwar Manshur dan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus selaku ketua umum pengurus pusat himpunan alumni santri Lirboyo.

Ketua 3 Pondok Pesantren Lirboyo, Nuqman Abdul Ghoni menceritakan, kebetulan dirinya sebagai santri yang diutus langsung oleh KH Anwar Makhrus dan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus untuk mengurus surat tersebut.

"Beliau yang mengonsep, saya diamanahi mengetiknya," ujar Nuqman.

Surat tersebut, kata Nuqman, sebagaimana yang disampaikan oleh pengasuh, merupakan jawaban atas banyaknya alumni yang bertanya arah dukungan pesantren pada Pilpres 2019 ini dan juga karena sosok KH Ma'ruf Amin yang dianggap mewakili kalangan pesantren.

Sementara itu, Pembina Master C19 Portal KMA (Kiai Ma'ruf Amin), Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulis menyatakan bersyukur atas mengalirnya dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

Putra KH Ma'ruf ini berharap dukungan itu berdampak luas sehingga meningkatkan perolehan suara pasangan Jokowi-KMA.

“Dalam rangkaian silaturahmi Abah (Kiai Ma’ruf), juga teman-teman Master C 19 ke berbagai daerah, para sesepuh dan tokoh dari lintas agama juga telah berkomitmen secara sukarela, untuk mendukung Capres 01. Saya berharap ini jadi momentum kita untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju,” tandas pria yang akrab disapa Gus Oqi ini.

Baca juga: Ulang Tahun, Maruf Amin Dapat Kejutan dari Cucunya

Putra Kiai Ma’ruf ini meyakini dukungan dari para sesepuh pesantren akan berdampak signifikan dan membawa keberkahan bagi pasangan Jokowi-KMA, juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Insya Allah ini jadi berkah buat kita semua. Karena dukungan para kiai dan tokoh agama ini tak hanya didengar dan ditaati oleh para santri dan umat Islam di Indonesia, tapi juga disertai dengan doa dan dukungan spiritual untuk Abah maupun untuk pak Jokowi, serta untuk seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X