Pesantren Lirboyo Terbitkan Maklumat Para Kiai untuk Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 12/03/2019, 22:29 WIB
Maklumat masyayikh pesantren Lirboyo untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin. KOMPAS.com/ handoutMaklumat masyayikh pesantren Lirboyo untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin.

KEDIRI, KOMPAS.com - Pondok Pesantren Lirboyo, Jawa Timur, menyebarkan maklumat masyayikh (para kiai) untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti.

Penyebaran maklumat tersebut dibenarkan Adibussholeh Anwar, putra KH Anwar Manshur, pengasuh pondok pesantren Lirboyo saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (12/3/2019).

"Iya, betul (ada maklumat masyayikh)," ujar Adibussholeh Anwar, Selasa malam.

Maklumat tersebut, kata pria yang akrab disapa Gus Adib ini, merupakan respons pesantren atas banyaknya alumni yang menunggu arahan dan sikap resmi para masyayikh (kiai) Pesantren Lirboyo pada Pilpres 2019 ini.


Masih kata Gus Adib, dukungan pemenangan terhadap Jokowi-Ma'ruf itu tidak hanya melalui maklumat saja.

Baca juga: Alumni Jogja Gelar Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Menurutnya, di lapangan juga kerap dilakukan konsolidasi dengan para alumni untuk mewujudkan dukungan itu.

Sebelumnya, maklumat yang berbentuk sebuah surat resmi dengan kop Pesantren Lirboyo tersebut beredar di masyarakat. Surat itu bertanggal 12 Maret 2019.

Maklumat tersebut menginstruksikan kepada para santri dan alumni untuk melakukan tiga hal pada Pilpres 2019, yang pada intinya yakni: tidak golput; menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab; serta memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf.

Selain itu, pada akhir maklumat juga terdapat tanda tangan dua tokoh, yakni KH Anwar Manshur dan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus selaku ketua umum pengurus pusat himpunan alumni santri Lirboyo.

Ketua 3 Pondok Pesantren Lirboyo, Nuqman Abdul Ghoni menceritakan, kebetulan dirinya sebagai santri yang diutus langsung oleh KH Anwar Makhrus dan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus untuk mengurus surat tersebut.

"Beliau yang mengonsep, saya diamanahi mengetiknya," ujar Nuqman.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X