Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Aiptu Sujadi Tolong Warga yang Terjebak Banjir, Bukan Pencitraan Polisi hingga Dengar Suara Minta Tolong

Kompas.com - 12/03/2019, 15:25 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anggota Satlantas Polres Kediri Aiptu Sujadi mendapat penghargan atas aksi heroiknya menolong warga yang terjebak banjir di pinggir ruas jalan Tol Ngawi-Kertosono. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menegaskan, aksi Aiptu Sujadi bukanlah pencitraan. 

Penghargaan diberikan kepada Aiptu Sujadi saat apel pagi yang dipimpin Irjen Luki Hermawan di lapangan Markas Polda Jawa Timur di Surabaya, Senin (11/3/2019).

Aiptu Sujadi menceritakan, saat itu dirinya sempat meminta anaknya mencari bantuan. Namun, tak ada kendaraan yang mau berhenti dan membantu.

Berikut ini fakta di balik kisah Aiptu Sujadi saat memutuskan untuk menolong warga yang terjebak banjir:

1. Kapolda Jatim: Aksi Aiptu Sujadi patut ditiru

Aiptu Sujadi (kanan) diberi penghargaan oleh Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan (kiri), Senin (11/3/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Aiptu Sujadi (kanan) diberi penghargaan oleh Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan (kiri), Senin (11/3/2019)

Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan memberikan penghargaan kepada Aiptu Sujadi saat apel pagi di lapangan Markas Polda Jawa Timur di Surabaya.

"Aiptu Sujadi menjadi teladan yang baik. Aksi penyelamatan itu bukan dibuat-buat, tapi memang yang terjadi di lapangan," terang Luki Hermawan.

Kapolda berharap, dengan aksi penyelamatan Aiptu Sujadi, menjadi motivasi bagi anggota Polri lainnya.

"Kejadian seperti yang dialami Aiptu Sujadi sebenarnya banyak di sekeliling kita, tapi jujur saja kadang kita hanya melihat dan membiarkannya," terang Luki.

Aksi heroik Aiptu Sujadi itu direkam Nanda Sapto Wati, istri Aiptu Sujadi. Video itu viral setelah diunggah di akun Facebooknya Kamis (7/3/2019) pukul 16.19 WIB.

Baca Juga: Kapolda Jatim: Aksi Aiptu Sujadi Selamatkan 2 Anak Terjebak Banjir di Tol Bukan Pencitraan

2. Aksi Aiptu Sujadi bukan pencitraan

Tangkapan layar video viral penyelamatan korban banjir di sisi jalan tol Ngawi-Kertosono yang diunggah akun Facebook Nanda Sapto Wati.Facebook Tangkapan layar video viral penyelamatan korban banjir di sisi jalan tol Ngawi-Kertosono yang diunggah akun Facebook Nanda Sapto Wati.

Aksi Aiptu Sujadi menyelamatkan keluarga Arif Rosidi, warga Ngawi, bukanlah pencitraan dan bukan dibuat-buat.

"Aksi itu murni karena Aiptu Sujadi ingin menolong keluarga yang terjebak banjir. Bukan pencitraan dan bukan dibuat-buat," kata Kapolda Jatim Luki saat memberikan penghargaan kepada Aiptu Sujadi di Mapolda Jawa Timur, Senin (11/3/2019).

Polri, kata dia, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota yang terbukti melakukan aksi penyelamatan heroik kepada masyarakat.

"Pak Wakapolri sebelumnya sudah menghubungi Aiptu Sujadi untuk memberikan apresiasi," jelasnya.

Baca Juga: Cerita Aiptu Sujadi, Polisi yang Tolong Anak Terjebak Banjir di Tol

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com