Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga di Banyuasin Tangkap 5 Ular Piton, 4 di Antaranya Dibunuh

Kompas.com - 12/03/2019, 13:07 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG,KOMPAS.com - Warga Desa Rantau Bayur, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, berhasil menangkap lima ekor ular piton pemakan ternak, Selasa (12/3/2019).

Namun, dari lima ekor yang berhasil ditangkap, empat di antaranya mati dibunuh warga saat hewan melata itu sedang melahap ternak. Sementara, satu ekor lagi diamankan warga dengan dimasukkan ke karung untuk dijual.

Doni (35), salah satu warga mengatakan, lima ekor ular piton itu muncul sejak musim hujan melanda desa mereka pada beberapa hari terakhir.

Selain itu, guyuran hujan yang deras juga membuat desa mereka menjadi banjir sehingga hewan melata tersebut bermunculan.

"Kemarin banyak hewan ternak yang hilang. Ketika dilihat di samping kandang ternyata ada ular besar baru makan ayam, langsung ditangkap," kata Doni melalui sambungan telepon.

Baca juga: Ular Piton Kembali Masuk ke Permukiman Warga di Polman

Mulanya, warga penasaran melihat perut ular tersebut dalam kondisi besar. Setelah bersepakat, warga kemudian menangkap empat ular itu dan langsung membunuhnya untuk melihat isi perut hewan itu.

"Pertama dapat satu, terus dicari lagi ada empat. Jadi lima yang ditangkap, tapi hanya empat yang memakan ternak. Rata-rata mereka makan ayam dan bebek. Kami takutnya anak-anak jadi korban karena di sini lagi banjir," ujarnya.

Warga lainnya, Bambang (30), menambahkan, selain karena takut kembali memamakan hewan ternak, mereka juga khawatir selama banjir, ular itu akan mengintai anak-anak sehingga warga sepakat untuk membunuhnya.

"Karena banyak anak-anak di sini warga juga takut nanti jadi korban. Ada empat dibunuh, satu masih ada dimasukkan dalam karung," ucap Bambang.

Baca juga: Warga Tangkap Ular Piton Sepanjang 4 Meter di Kandang Ayam

Bambang melanjutkan, panjang ular piton yang mereka tangkap itu pun berbeda-beda, mulai dari ukuran empat hingga lima meter.

"Yang paling besar itu lima meter, memang di sini banyak ular piton. Terlebih lagi banjir, warga juga jadi waspada," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com