Siti Aisyah Bebas, TGB Nilai Sudah Sepatutnya Pemerintah Lindungi Warganya

Kompas.com - 12/03/2019, 08:50 WIB
Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi saat diwawancara usai menghadiri acara Diskusi Kebangsaan di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi BempahTuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi saat diwawancara usai menghadiri acara Diskusi Kebangsaan di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).


BOGOR, KOMPAS.com - Bebasnya Siti Aisyah dari tuntutan kasus dugaan pembunuhan Kim Jong Nam di pengadilan Malaysia, mendapat reaksi dari sejumlah pihak.

Politisi Partai Golkar Tuan Guru Bajang ( TGB) Zainul Majdi menilai, sudah sepatutnya pemerintah Indonesia melindungi warganya yang terlibat dalam suatu kasus hukum.

Zainul mengatakan, ada hikmah yang dapat dipetik dari kasus Siti, yaitu jangan mudah terperdaya oleh pihak yang mau memanfatakan.

Baca juga: Jalan Panjang Upaya Bebaskan Siti Aisyah dari Dakwaan Pembunuhan Kim Jong Nam...

"Syukur, Alhamdulillah. Setiap kali ada warga kita yang bebas, lepas dari proses hukum mendapatkan kebebasannya kembali patut kita syukuri," ucap Zainul, usai menghadiri acara Diskusi Kebangsaan di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

Dirinya menambahkan, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pekerja cukup banyak di luar negeri. Oleh sebab itu, sudah seharusnya pemerintah melindungi warganya di sana.

Ia mencontohkan, selama menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), banyak masyarakat di sana yang bekerja di luar negeri.

"Saya pikir, perlindungan WNI di luar negeri itu adalah salah satu tujuan pemerintah. Melindungi segenap tumpah darah bangsa," kata dia.

Baca juga: Kerabat dan Tetangga Tak Sabar Bertemu Siti Aisyah di Kampung Halaman

Sebelumnya, Siti dituntut hukuman mati setelah diduga berkomplot dengan warga negara Vietnam, Doan Thi Huong, untuk membunuh Kim Jong Nam yang merupakan kakak tiri pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, bebasnya Siti Aisyah merupakan buah dari kerja keras Pemerintah Indonesia.

"Bebasnya Siti Aisyah ini merupakan suatu proses panjang dari upaya negara kita untuk membebaskan Siti Aisyah dari hukuman mati," ujar Arrmanatha. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X