Kesal Terima SMS Spam, Pria Ini Bangun Startup Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 11/03/2019, 10:13 WIB
Ikhwan Reza dan teman-temannya mendirikan Bagidata, startup digital yang bergerak dalam bidang big data. Dok BagidataIkhwan Reza dan teman-temannya mendirikan Bagidata, startup digital yang bergerak dalam bidang big data.


BANDUNG, KOMPAS.com – Ikhwan Reza dan teman-temannya kesal karena menerima SMS sampah (spam). Padahal, mereka tidak pernah memberikan nomor ponsel tersebut ke tenaga pemasaran.

“Awalnya kami kesal dengan banyaknya SMS spam. Lalu kepikiran untuk membuat startup digital, Bagidata,” ujar CEO Bagidata, Ikhwan Reza dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (11/3/2019).

Dalam perkembangannya, startup binaan internal PT Telkom Digital Amoeba ini tumbuh positif. Mereka bisa memeroleh keuntungan ratusan juta rupiah.

“Dengan Bagidata, pemilik nomor ponsel dengan sadar menyerahkan datanya, kemudian mendapatkan keuntungan dari data mereka,” ungkap Ikhwan.

Baca juga: KPK Nilai Startup Digital Dorong Penguatan Integritas Masyarakat

“Keuntungannya berupa poin dan uang yang langsung bisa ditarik ke rekening mereka," tambahnya.

Menurut dia, Bagidata justru ingin menyadarkan masyarakat bahwa data pribadi itu berharga dan pengguna internet berhak mendapatkan sesuatu dari data mereka.

Sebab, selama ini data pengguna internet diperoleh tanpa izin, tricky, dan diam-diam.

Ikhwan menjelaskan, dirinya percaya setiap orang berhak mengontrol data mereka. Atas pemikiran itu, ia membuat dua layanan Bagidata yakni permission-based marketing dan applicant profiling.

Permission-based marketing adalah pemilik data dapat memberikan data media sosial, struk belanja, tiket pesawat, dan lainnya.

“Yang mana ketika mereka mendapat promosi, maka pemilik akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang dan poin. Saat ini sudah ada 18.000 lebih pengguna layanan tersebut,” ucapnya.

Sementara applicant profiling adalah layanan dalam membantu perusahaan melihat lebih dalam dari data media sosial yang sudah diberikan pelamar di perusahaannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X