585 Warga Sumba Timur Kena DBD, 15 Meninggal

Kompas.com - 09/03/2019, 15:58 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 585 warga Sumba Timur terkena demam berdarah dengue ( DBD) hingga Sabtu (9/3/2019) sore. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 orang telah meninggal dunia akibat DBD.

Hal ini disampaikan Bupati Sumba Timur Gideon Mbiliyora yang khawatir dengan terus bertambahnya jumlah pasien DBD di wilayahnya pada Sabtu sore.

"Dari 585 orang itu, 15 diantaranya meninggal dunia. Sedangkan 45 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit," kata Gideon kepada Kompas.com melalui telepon selulernya, Sabtu.

Para pasien DBD itu, dirawat di tiga rumah sakit di wilayah Sumba Timur, yakni RSUD Umbu Rara Meha, RSK Lindimara, dan RSU Imanuel Waingapu.

Baca juga: Penderita DBD di Sumba Timur Terus Bertambah, 13 Meninggal, 419 Dirawat

Untuk mengantisipasi meluasnya DBD, kata Gideon, pihaknya melakukan fogging di sejumlah titik di wilayah Sumba Timur.

"Namun hingga kini, kita masih terkendala peralatan yang terbatas," ucapnya.

Terkait kejadian itu, ia mengimbau masyarakat untuk bergerak secara serentak, membersihkan lingkungannya dan membagikan abate.

Bahkan kata Gideon, saat ini semua kecamatan, telah melaksanakan kegiatan Jumat bersih dan melaporkan perkembangan DBD setiap hari, pada masing-masing kecamatan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X