Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.700 Surat Suara DPR Ditemukan Rusak di Wonosobo

Kompas.com - 09/03/2019, 15:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

WONOSOBO, KOMPAS.com - Sebanyak 1.700 surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ditemukan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Jumlah tersebut ditemukan setelah dilakukan proses sortir dan lipat di gedung Korpri Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

"Yang surat suara DPR, berdasar laporan ada 1.700 surat suara diantaranya rusak," kata Ketua KPU Kabupaten Wonosobo, Asma' Khozin, kepada Kompas.com, Sabtu (9/3/2019).

Untuk proses sortir dan pelipatan, KPU Wonosobo tidak mengajak warga sebagaimana yang dilakukan KPU Banjarnegara. Akan tetapi, yang bertugas melipat yaitu para petugas PPK dan PPS dari seluruh desa/kecamatan di Wonosobo.

Jumlah yang terlibat yaitu 350 orang, yang terbagi menjadi beberapa kelompok. Mereka secara bergantian melipat 692.000 surat suara DPR RI.

Baca juga: KPU Akan Ganti Puluhan Ribu Surat Suara Rusak yang Ditemukan di Kendal

Pada Jumat (8/3/2019) kemarin, ratusan petugas masih berupaya menyelesaikan pelipatan surat suara DPRD. Tiap surat suara DPR dihargai Rp 110.

"Jumlah yang melipat ada 350 orang. Kami berdayakan petugas PPK dan PPK, mereka kerjanya bergilir," tambahnya.

Surat suara di Kabupaten Wonosobo telah tiba seluruhnya. Namun yang telah dilipat yaitu surat suara DPR yang jumlahnya mencapai 692 ribu. Dari jumlah itu, sebanyak 1700 surat suara diantaranya rusak.

Untuk pelipatan surat suara DPRD masih dalam proses pelipatan.

"Yang rusak itu robek sama cetakan kabur, ada bercak tinta," tambahnya.

Baca juga: Terkena Noda, 35 Surat Suara di Kepulauan Seribu Rusak

Setelah suara DPR dan DPRD, nantinya yang dilipat yaitu DPD dan Presiden. Untuk upah pelipatan, surat suara DPR/DPRD dihargai Rp 110 suara. Sementara DPD Rp 80 per suara dan Rp 70 untuk surat suara Presiden.

"Harga beda tergantung dari kerumitan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com