Polres Blitar Ungkap Prostitusi "Online" yang Libatkan Anak di Bawah Umur

Kompas.com - 09/03/2019, 14:09 WIB
Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridha ungkap kasus prostitusi online yang libatkan anak-anak di mapolres, Jumat (8/3/2019). Dok. Polres BlitarKapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridha ungkap kasus prostitusi online yang libatkan anak-anak di mapolres, Jumat (8/3/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Blitar mengungkap kasus prostitusi online yang melibatkan anak-anak.

Dalam kasus tersebut, tersangka menggunakan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp untuk menawarkan pemandu lagu yang juga bisa diajak kencan. 

Tersangka yang bertindak sebagai mucikari itu adalah Reza Satya Angga Pratama Putra (24), warga Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Kasubag Humas Polres Blitar Iptu Burhanuddin mengatakan, mereka yang tertarik untuk memesan PSK melalui tersangka Reza akan mengirim pesan melalui kotak masuk Facebook.

Baca juga: Kasus Penggerebekan Belasan Pasangan ABG di Ambon, 8 Orang Terkait Prostitusi Online

Kemudian, bertukar nomor telepon dan transaksi dilanjutkan melalui aplikasi pesan WhatsApp.

"Jadi, dia (tersangka) melalui akun Facebook-nya itu sering menawarkan wanita yang bisa diajak untuk kencan," ucap Burhan, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/3/2019).

Pengungkapan kasus tersebut, kata Burhan, diawali dari kegiatan patroli siber. Dari hasil patroli siber itu, polisi menemukan salah satu akun Facebook yang bertindak dan sering menawarkan perempuan yang bisa diajak kencan.

Karena itu, saat melakukan penyelidikan, polisi akhirnya memancing tersangka dengan pura-pura menjadi pemesan PSK tersebut kepada mucikari yang menjadi target.

"Kami dapati ada chatting di grup Facebook. Akhirnya kami pancing dengan menghubungi tersangka lalu dilakukan penangkapan saat sedang transaksi di hotel," ujarnya.

Ia menambahkan, ada dua perempuan yang dibawa ke hotel di wilayah Blitar saat sedang melakukan transaksi. Polisi yang berhasil pura-pura menjadi pemesan langsung menangkap tersangka dan barang bukti.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X