Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Satu Keluarga Terjebak Banjir di Pinggir Tol Ngawi-Kertosono, Hendak Mengungsi hingga Pulang Untuk Selamatkan Sang Ibu

Kompas.com - 09/03/2019, 10:52 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video penyelamatan keluarga Arif Rosidi asal Ngawi yang terjebak banjir di ruas Tol Ngawi-Kertosono oleh sejumlah pengguna jalan tol, menjadi viral di media sosial

Video tersebut diunggah oleh Nanda Sapto Wati (43) di akun Facebook miliknya. Warganet pun banyak memberikan pujian atas aksi penyelamatan yang dilakukan suami Nanda, Aiptu Sujadi dan seorang pria. 

Dari Hasil penelusuran Kompas.com, Arif Rosidi berasal dari Dusun Sumberejo, Desa Kersikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

Saat itu arif bersama adiknya Arina Fitroh (35) dan dua anaknya, Sifa Nurkaromah (5), Khamim Nurmahmudin (3). Keluarga tersebut berencana mengungsi karena rumah mereka terendam banjir bandang.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Aksi penyelamatan menjadi viral 

Aksi penyelamatan anak korban banjir.Repro bidik layar Facebook Nanda Sapto Wati Aksi penyelamatan anak korban banjir.

Nanda mengunggah dua video aksi penyelamatan keluarga Arina yang terjebak banjir di ruas jalan Tol Ngawi-Kertosono, pada hari Kamis (7/3/2019).

Video pertama berdurasi lima menit tiga puluh satu detik dan video kedua berdurasi tiga menit dua puluh sembilan detik.

Video pertama menunjukkan suasana saat Nanda melihat dan mendengar Arina meminta pertolongan karena keluarganya terjebak banjir bandang di pinggir ruas jalan tol. Setelah itu terlihat proses evakuasinya yang berlangsung dramatis.

Istri anggota Satlantas Polres Kediri, Aiptu Sujadi itu, juga merekam kondisi korban usai berhasil diselamatkan di video kedua.

"Iya. Saya tidak bermaksud apa-apa meng-upload video itu. Saya cuma berterima kasih mereka selamat. Saya tidak punya pikiran macam-macam. Tidak ada," kata Nanda kepada Kompas.com saat dikonfirmasi.

Postingan Nanda tersebut mendapatkan pujian hingga doa dari para warganet. salah satunya dari akun Facebook Mulyono Sardjono. 

"Alhamdulillah..ini baru Indonesia penolong sesama manusia. Semoga Allah SWT memberikan umur panjang bagi keluarga penolong tersebut," tulis akun Mulyono.  

Baca Juga: Kesaksian Satu Keluarga Terjebak Banjir di Ruas Tol Ngawi-Kertosono, Sempat Menangis Putus Asa

2. Kronologi keluarga Arif terjebak banjir di pinggir tol 

Susasana jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/3/2019). Luapan Sungai Madiun serta beberapa anak sungainya mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun terendam banjir, dan jalan tol yang terendam tersebut hanya difungsikan satu ruas dengan sistem buka tutup.ANTARA FOTO/SISWOWIDODO Susasana jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/3/2019). Luapan Sungai Madiun serta beberapa anak sungainya mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun terendam banjir, dan jalan tol yang terendam tersebut hanya difungsikan satu ruas dengan sistem buka tutup.

Kompas.com berhasil menemui Arif Rosidi (47) dan Arina bersama dua anaknya, yang tengah mengungsi di rumah pamannya di Desa Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jumat (8/3/2019). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com