Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Kopassus yang Gugur Ditembak KKB Berencana Segera Menikah

Kompas.com - 09/03/2019, 08:32 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com — Anggota Kopassus yang gugur tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, Kamis (7/3/2019), yakni Serda Siswanto Bayu Aji (24) atau Bayu, ternyata akan segera menikah sepulang dari tugas di Papua.

Hal itu dikisahkan Suraidi Iskandar, sang ayah, saat ditemui Kompas.com di rumah duka di Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan, Jateng, Jumat (8/3/2019) malam.

Menurut Suraidi, Bayu, anak semata wayangnya, akan menikah dengan kekasih sejak SMA bernama Gilang, warga Kecamatan Wirosari, Grobogan.

"Bayu lama berpacaran dengan Gilang tetangga desa. Sejak SMA hingga saat ini. Gilang seorang perawat. Dia rela menunggu Bayu meski ditinggal kerja jadi sopir di perusahaan batu bara di Kalimantan hingga menjadi anggota TNI," kata Suraidi Iskandar.

Baca juga: Isak Tangis Sambut Jenazah Anggota Kopassus yang Gugur Tertembak KKB

"Kami berencana menikahkan keduanya sepulang Bayu bertugas di Papua. Namun, Sang Khalik telanjur menjemputnya."

Isak tangis keluarga pecah saat jenazah Bayu tiba di rumah duka di Dusun Pateh, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (?8/3/2019) sekitar pukul 21.00.

Jenazah personel Kopassus itu dibawa menggunakan ambulans TNI menuju kediaman orangtuanya dengan pengawalan ketat.

Sejumlah kerabat dan tetangga yang sudah lama menunggu pun tak kuasa meneteskan air mata saat menyambut jenazah Bayu yang tertutup peti berbalut bendera merah putih. 

Baca juga: Saya Ikhlas, karena Putra Saya Gugur demi Negara

 

Nampak ibunda Bayu, Safitri, syok. Ia pingsan setelah menangis histeris melihat jenazah Bayu.

Kedatangan jenazah Bayu juga disambut oleh sejumlah personel TNI dari segala unsur, baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara. Pun demikian perwakilan pihak Polri juga berdatangan ke rumah duka.

Bayu sebelumnya mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Blora jurusan otomotif dan lulus pada 2011. Bayu mulai diterima sebagai prajurit TNI pada 2016. Sampai akhirnya ia masuk satuan Kopassus di Bogor dan bertugas di Papua pada Januari 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com