Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Serda Mirwariyadin, Anggota TNI yang Gugur di Nduga, Dipulangkan ke Bima

Kompas.com - 08/03/2019, 23:07 WIB
Karnia Septia,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Jenazah Serda Mirwariyadin, anggota TNI yang gugur dalam kontak tembak di Nduga, Papua, akan dipulangkan ke rumah duka di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat yang berasal dari Bima, korban pada saat kontak tembak di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua," terang Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, dalam rilis tertulis, Jumat (8/3/2019).

Jenazah Serda Mirwariyadin tiba di Lombok International Airport sekitar pukul 21.00 Wita, disambut upacara penyambutan oleh puluhan anggota TNI yang telah menunggu kedatangan almarhum.

Baca juga: Isak Tangis Sambut Jenazah Anggota Kopassus yang Gugur Tertembak KKB

Upacara penjemputan jenazah almarhum Serda Mirwariyadin oleh Korem 162/WB bersama jajaran TNI dan Polda NTB, merupakan wujud penghargaan kepada almarhum yang telah gugur sebagai kusuma bangsa yang sedang melaksanakan tugas Negara.

"Kami selaku prajurit TNI turut bangga dan hormat pada beliau. Maka hari ini kami melaksanakan upacara penyambutan, penerimaan, dan pemberangkatan beliau langsung ke Kota Bima," kata Ahmad Rizal.

Ahmad Rizal meminta kepada seluruh masyarakat NTB untuk mendoakan almarhum yang gugur saat menjalankan tugas, agar diberikan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Ahmad Rizal juga berharap kepada keluarga yang ditinggalkan, agar diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan dalam menerima ujian ini.

Usai melakukan upacara, peti jenazah kemudian dimasukkan ke dalam mobil ambulans untuk dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, NTB.

Kepulangan jenazah menuju kampung halaman melalui jalur darat dengan pengawalan dari Denpomdam IX/2 Mataram.

Baca juga: Panglima TNI Sebut Hadapi KKB di Papua Tak Harus Selalu Bertempur

Serda Mirwariyadin adalah putera terbaik dari NTB yang berasal dari Bima. Sebelumnya, Mirwariyadin berdinas di Kopassus.

Mirwariyadin menjadi salah satu anggota TNI yang gugur saat kontak senjata dengan KKB di Nduga, Papua, Kamis (7/3/2019).

Atas jasa-jasa almarhum, Mirwariyadin mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Sersan Satu Anumerta.

Sebelumnya, tiga anggota TNI gugur saat kontak senjata dengan KKB di Nduga, Papua. Tiga prajurit TNI yang gugur yaitu Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com