Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Purbakala yang Ditemukan di Tol Pandaan-Malang Dipastikan Bangunan Pemujaan Masa Majapahit

Kompas.com - 08/03/2019, 20:34 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Koordinator Juru Kunci Candi Malang Raya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Haryoto memastikan bahwa bangunan purbala yang ditemukan di lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan bangunan pura atau tempat pemujaan.

Haryoto mengatakan, letak pura itu diperkirakan berada di tengah permukiman kuno yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit.

Sebab, di sepanjang ruas pembangunan tol kilometer 37 itu ditemukan batu bata yang berserakan akibat dikeruk alat berat yang sedang mengerjakan proyek pembangunan tol.

"Ini pura dan sekitar pura ini ada permukiman di sisi utara," kata Haryoto saat di lokasi, Jumat (8/3/2019).

Baca juga: Pasca-Penemuan Situs Purbakala, Konstruksi Tol Pandaan-Malang Dihentikan Sementara

Hartoyo mengatakan, dalam waktu dekat BPCB akan mengirimkan arkeolog ke lokasi tersebut. Situs tersebut akan dieskavasi untuk menemukan bentuk aslinya.

Belum diketahui berapa luas bangunan yang tertimbun permukaan tanah setebal sekitar 40 sentimeter tersebut. Menurutnya, luas bangunan itu akan diketahui ketika sudah dilakukan eskavasi.

Hartoyo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait soal situs itu serta kelanjutan proyek pembangunan tol yang dihentikan sementara.

"Kita koordinasi dulu. Karena ini benda cagar budaya. Benda cagar budaya ini tidak bisa digugat," katanya.

Baca juga: Situs Purbakala Diduga Rumah pada Masa Kerajaan Majapahit Ditemukan

Sebelumnya, ditemukan situs purbakala di ruas pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Situs itu ditemukan sejak satu bulan yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com