Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penampakan 15 Kemeja Batik Khusus Kampanye Jokowi yang Dijahit di Solo

Kompas.com - 08/03/2019, 19:26 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan pakaian khusus untuk kampanye terbuka pada Pilpres 2019. Ada 15 kemeja batik lengan panjang yang saat ini tengah dikerjakan oleh pemilik Arjuna Tailor, Suparto (58), yang merupakan penjahit langganan Jokowi.

Suparto menjelaskan, kemeja batik lengan panjang Jokowi terdiri dari berbagai macam warna. Ada sembilan warna merah dan sisanya kemeja batik berwarna kuning, hijau dan biru.

Kemeja batik lengan panjang itu memiliki motif mega medung, jempol, kawung dan ada juga motif #01 yang merupakan nomor urut pemilihan Jokowi.

Motif mega mendung khas Cirebon ini terdapat di seluruh pakaian. Untuk motif jempol terdapat pada bagian depan.

Untuk motif kawung khas Solo-Yogyakarta tersebut terdapat pada bagian kerah dan pergelangan tangan. Sementara logo #01 berada di dada bagian kanan pakaian tersebut.

"Pembuatan baju batik lengan panjang Pak Jokowi saya serahkan kepada tiga penjahit saya. Mereka khusus menjahit baju batik," kata Suparto saat ditemui di rumahnya yang sekaligus dijadikan sebagai tempat menjahit baju di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2019).

Kemeja batik lengan panjang milik Jokowi yang dipesan dari Arjuna Tailor di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kemeja batik lengan panjang milik Jokowi yang dipesan dari Arjuna Tailor di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2019).

Proses pengerjaan kemeja batik lengan panjang Jokowi tersebut dimulai sejak Sabtu (2/3/2019). Ditargetkan pengerjaan kemeja batik pesenan Jokowi selesai Sabtu (9/3/2019), karena tinggal menyisakan beberapa batik saja.

Suparto mengatakan tidak ada kesulitan mengerjakan pesanan kemeja batik Jokowi. Sebab, dirinya sudah memiliki contoh baju sebelumnya sehingga tinggal meniru ukurannya.

Ukuran kemeja batik Jokowi itu untuk memiliki panjang baju 73 sentimeter, lebar pundak 45 sentimeter, panjang lengan 63 sentimeter, besar badan 104 sentimeter dan lingkar kerah 40 sentimeter.

Meski sudah lama menjadi langganan Jokowi, Suparto mengaku tetap selalu berhati-hati setiap mengerjakan pakaian pesenan Jokowi. Dirinya mengatakan selalu memulai dengan membaca doa sebelum mengerjakan baju pesanan Jokowi.

"Saya selalu berhati-hati dan mengutamakan kualitas setiap mendapat pesanan baju dari Pak Jokowi. Karena beliau sekarang sudah menjadi orang nomor satu di Indonesia," ujar Suparto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com