Wamen Arcandra: 15.000 Tabung Elpiji Berkurang Tiap Bulan di Deliserdang...

Kompas.com - 07/03/2019, 06:23 WIB
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meresmikan beroperasinya jargas sepanjang 120.738 meter ke 5.560 rumah di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (6/3/2019) KOMPAS.com / MEI LEANDHAWakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meresmikan beroperasinya jargas sepanjang 120.738 meter ke 5.560 rumah di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (6/3/2019)

MEDAN, KOMPAS.com - Pipa jaringan gas ( jargas) sepanjang 120.738 meter menjalar sambung menyambung ke 5.560 rumah di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Sumber gasnya milik PT Pertamina EP dengan volume 0,2 Million Standard Cubic Feet per Day atau juta standar kaki kubik per hari untuk gas (MMSCFD).

Proyek infrastruktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk ( PGN) ini tujuannya melayani kebutuhan penyaluran gas bumi kepada masyarakat. Pemanfaatan gas bumi dalam memenuhi kebutuhan harian rumah tangga dianggap jauh lebih efisien dan aman.

Siap beroperasi, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar pun datang meresmikannya.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Tabung Gas Elpiji Asli dan Oplosan

Ini bukan elpiji, jadi gasnya beda. Mengalir tanpa batas, lebih hemat sekitar 30 sampai 40 persen. Ini gas metan, semakin banyak kita memasang jargas maka impor elpiji akan semakin turun," kata Arcandra di Desa Tanjungmorawa, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Rabu (6/3/2019).

" Elpiji tiga kilogram tetap tersedia, namun pengguna jargas tidak perlu lagi membeli elpiji. Paling tidak, kalau rata-rata tiap rumah mengurangi tiga tabung. Tiga tabung kali 5.000, jadi 15.000 tabung elpiji berkurang tiap bulan di Deliserdang," sambungnya.

Pipa jargas di Deliserdang mengaliri tujuh sektor, yaitu Kelurahan Dagangkelambir, Dagangkerawan, Dalu XA, Pekantanjungmorawa, Tanjungbaru, Tanjungmorawa A, Tanjungmorawa B, dan Lubukpakam.

Baca juga: PGN Pastikan Jargas di Probolonggo Siap Beroperasi Maret 2019

Menurutnya, PGN konsisten membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas bumi. Sampai saat ini pengelolaan jaringan infrastruktur pipa gas sudah sepanjang 7.453 kilometer.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 203.314 pelanggan dari berbagai segmen, seperti pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, pelanggan komersial, UKM, serta pelanggan rumah tangga yang tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong, Papua.

Tambah sambungan jargas

Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars yang hadir di acara tersebut mengatakan, Kabupaten Deliserdang berpenduduk 2,4 juta jiwa, sementara Kecamatan Tanjungmorawa berpenduduk di atas 100.000 jiwa lebih. Baginya, 5.560 Sambungan Rumah (SR) di wilayah Kabupaten Deliserdang rasanya belum apa-apa.

"Kami memohon 25.000 sambungan lagi dan segera terealisasi. Begitu juga program konverter kit BBM ke elpiji, ada sekitar 500 KK nelayan kecil yang bisa dibantu untuk dialiri jaringan gas bumi agar mereka lebih sejahtera. Ini program bermanfaat, harus terus ditingkatkan dan dilanjutkan hari ini dan ke depannya," ucap Zainuddin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X