Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Jombang Gelar Pawai Ogoh-ogoh

Kompas.com - 06/03/2019, 21:52 WIB
Moh. Syafií,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Menyambut Hari Raya Nyepi, ratusan umat Hindu di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar pawai ogoh-ogoh, Rabu (6/3/2019).

Pawai ogoh-ogoh diawali dengan sejumlah ritual antara lain membakar dupa di sekitar pura, serta membasuh jemaat yang hadir dengan air suci. Air suci tersebut diperoleh dari tradisi Melasti.

Dalam pawai yang diikuti ratusan umat Hindu, belasan ogoh-ogoh berupa duplikat patung raksasa dijejer rapi di jalan. Selanjutnya, patung-patung raksasa itu diarak dengan cara dipikul dari pura di Desa Wonomerto, menuju ke lapangan Desa Galengdowo.

Baca juga: Fakta Menarik Nyepi, Perayaan Tahun Baru Saka dan Hanya di Indonesia

Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Jombang, Juwadi mengungkapkan, arak-arakan ogoh-ogoh yang disimbolkan dengan patung raksasa, bermakna menghilangkan sifat buruk dari manusia.

Pawai ogoh-ogoh, kata dia, memiliki makna yang dalam bagi umat Hindu.

Juwadi mengatakan, selain sebagai ritual mensucikan lingkungan dari roh jahat, kegiatan ini juga diharapkan bisa meredam ketegangan situasi di Indonesia, menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Harapan kami, kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh negara, seperti pilpres bisa berjalan lancar, sukses dan berlangsung damai," kata dia, saat ditemui di sela kegiatan pawai ogoh-ogoh, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com