Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuti Tiap Rabu, Wakil Wali Kota Semarang Kampanye untuk Jokowi

Kompas.com - 06/03/2019, 19:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.comWakil Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Hevearita Gunaryati Rahayu memutuskan untuk mengajukan cuti untuk ikut berkampanye memenangkan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Cuti diajukan khusus setiap hari Rabu, hingga tanggal pencoblosan. 

“Iya, tiap hari Rabu,” kata Ita, kepada wartawan, seusai mengunjungi Pasar Karangayu, Semarang, Rabu (6/3/2019) sore.

Pengajuan izin cuti untuk kampanye telah disetujui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui surat bernomor 273/0004370 tertanggal 5 Maret 2019. Ita mengajukan cuti setiap hari Rabu mulai Rabu hari ini sampai Rabu tanggal 10 April 2019.

Baca juga: Bawaslu: Jokowi Selalu Cuti Kampanye, tapi Fasilitas Negara Tetap Melekat

“Kenapa hari Rabu, karena Pilpres digelar hari Rabu. Kami bentuk gerakan ‘Rabo-an’ akan bergerak sosialiasi di pasar-pasar serta door to door ke rumah warga, konsolidasi, dan pasar murah,” ucap politisi PDI-P ini.

Konsep gerakan ‘Rebo-nan’ sendiri akan berfokus menyasar kaum perempuan di Kota Semarang, terutama yang berbelanja di pasar tradisional.

Oleh karena itu, bersama dengan para relawan, ia akan berkeliling mengunjungi dan bersosialisasi di Pasar Karangayu, Pasar Kremyeng, Pasar Damar, Pasar Jrakah, Pasar Mangkang, Pasar Purwogondo, serta sejumlah pasar lainnya.

Menurut Ita, pasar merupakan tempat strategis karena bertemunya pedagang dan pembeli, terutama kaum perempuan. Ita menargetkan dapat merangkul kaum perempuan memilih pasangan nomor urut 01 Jokowi-Amin.

Baca juga: Ini Zonasi Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu

“Saya ingin menggalang ibu-ibu untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf. Saya tidak ingin kaum emak-emak ini salah pilih pemimpin, saya mengajak mereka untuk memilih pemimpin yang punya keluarga harmonis dan pemimpin yang berhasil pimpin keluarga,” ujar dia.

Di sela bersosialisasi, Ita bersama relawan juga akan membagi-bagikan pernak-pernik yang kerap dipakai kaum perempuan, antara lain kerudung, celemek, jarik, kaos, hingga alat kecantikan.

“Konsep utama kampanye kami memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami akan terus mendorong kawan-kawan agar berkampanye secara positif,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com