Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Hari Raya Nyepi, Perjalanan KA dari Surabaya hingga Jakarta Penuh

Kompas.com - 06/03/2019, 18:31 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Seluruh perjalanan kereta api dari Surabaya menuju ke sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Banyuwangi, okupansinya mencapai 100 persen alias penuh pada Rabu (6/3/2019) malam.

Hal itu merupakan dampak dari liburan Hari Raya Nyepi 1941 Saka pada Kamis (7/3/2019).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, beberapa perjalanan KA di Stasiun Gubeng menuju Bandung, seperti KA Turangga (KA 49), yang membawa 7 gerbong kereta eksekutif dengan total 350 tempat duduk, semuanya terisi penuh.

"Selanjutnya untuk KA dari Surabaya menuju Jakarta seperti KA Argo Anggrek (KA 3), KA Bangunkarta (KA 55), KA Kertajaya (KA 177), KA Gumarang (KA 77), dan KA Sembrani (KA 47) okupansinya juga mencapai 100 persen," kata Suprapto, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Saat Hari Raya Nyepi, Seluruh Siaran Televisi dan Radio Berhenti Beroperasi di Bali

Hal sama juga terjadi untuk KA dari Surabaya menuju Banyuwangi, seperti KA Mutiara Timur Malam (KA 89) relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi, dengan membawa 4 gerbong kereta kelas eksekutif dan 3 gerbong kereta kelas bisnis, dengan total kapasitas 392 tempat duduk, terisi penuh.

Suprapto mengatakan, untuk mengantisipasi pasca-liburan Hari Raya Nyepi ini, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya telah menambah 1 gerbong kereta kelas eksekutif pada KA Turangga (Surabaya Gubeng-Bandung) dan KA Sancaka (Surabaya Gubeng-Yogyakarta) pada tanggal 8 dan 10 Maret 2019.

Selain itu, untuk mengantisipasi arus balik pada tanggal 11 Maret 2019, akan dioperasikan 1 perjalanan kereta api tambahan, yaitu KA Sancaka Tambahan (KA 7023) relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta yang membawa rangkaian 7 gerbong kereta kelas bisnis, dengan total kapasitas tempat duduk mencapai 448.

"Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 09:40 WIB, dan tiba di Stasiun Yogyakarta jam 14:43 WIB, dengan tarif Rp 170.000," kata dia.

Baca juga: 13 Napi Kasus Korupsi Dapat Remisi Hari Raya Nyepi

Karena itu, bagi masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tempat duduk kereta api selama masa liburan Hari Raya Nyepi ini, bisa mengunjungi website resmi KAI, atau melalui aplikasi online seperti KAI Access, Traveloka, Tiket.com dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, cara lain untuk mengetahui ketersediaan tempat duduk bisa juga dengan menghubungi contact center 121.

"Secara umum, untuk okupansi tiket di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada tanggal 7-10 Maret 2019, masih banyak tersedia, okupansinya rata-rata berkisar antara 70-80 persen," ucap Suprapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com