Umat Hindu Ikuti Tawur Agung Kesanga di Pelataran Candi Prambanan

Kompas.com - 06/03/2019, 12:57 WIB
Umat Hindu saat hadir di upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan. KOMPAS.com / WIJAYA KUSUMAUmat Hindu saat hadir di upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Umat Hindu dari berbagai daerah Rabu (6/3/2019) mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan.

Upacara ini merupakan rangkaian dari Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1941.

"Hari Suci Nyepi merupakan upaya untuk melakukan proses internaliasi, proses penghayatan bahwa pada hakikatnya semua memerlukan jeda sejenak, melakukan mawas diri, introspeksi. Mengenal diri sendiri hingga lalu kemudian mampu mengenal Sang Pencipta," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya di acara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Rabu (6/3/2019).


Lukman Hakim menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terima kasih karena Umat Hindu, melalui refleksi yang mendalam, sangat peka dengan situasi serta kondisi bangsa yang sedang menghadapi banyak ujian di tahun politik ini.

Kepekaan ini digaungkan secara masif dalam Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1941 dengan mengangkat tema sentral "Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019".

"Tema ini bukan sekedar jargon tetapi sangat penting dan strategis untuk membuat pemilu kita, pemilu yang damai," ujarnya.

Di dalam perspektif visi Kementerian Agama yang dituangkan dalam salah satu misinya yaitu memperkokoh kebersamaan umat beragama, lanjutnya, tema sentral itu juga mengandung pesan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak lelah memelihara kerukunan umat beragama.

"Hanya dengan terpeliharanya hidup yang rukun dan harmoni, kita bisa menghasilkan pemilu yang damai. Ini penting saya sampaikan, karena di tahun politik suasana berbangsa dan bernegara sedang menghangat," ungkapnya.

Baca juga: Tawur Agung Kesanga, Umat Hindu di Kediri Arak Ogoh-ogoh

Menteri Agama menambahkan, jangan sampai pemilu yang seharusnya menggembirakan menjadi kontestasi yang justru membuat bangsa ini intoleran dan terpecah-pecah.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X