BNN: Wilayah Pelosok Sumedang Sudah Terpapar Narkoba

Kompas.com - 05/03/2019, 22:36 WIB
Ilustrasi narkobaTOTO SIHONO Ilustrasi narkoba

SUMEDANG, KOMPAS.com - Wilayah pedesaan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, telah terpapar narkoba.

Data di Badan Narkotika Nasiona; (BNN) Kabupaten Sumedang menyebutkan, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, peredaran narkoba di Sumedang tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan.

Ini terlihat dari hasil penjaringan yang dilakukan. Sedikitnya 91 orang pengguna dan pengedar narkoba ditangkap di berbagai daerah di Sumedang.

Dari 91 orang yang terjaring itu, 54 orang di antaranya merupakan pengguna berikut pengedar. Sisanya hanya pengguna narkoba saja.


Kepala BNNK Sumedang AKBP Kunto Prasetyo SH melalui Kasi Berantas Kompol Agus Suryana mengatakan, dari sekian banyak pengguna narkoba, sebagian besarnya merupakan warga Kecamatan Jatinangor.

"Ada 14 orang warga Jatinangor yang terjaring. Mereka ada yang pengguna ada juga yang merupakan pengedar," ujar Agus kepada Kompas.com di kantor BNNK Sumedang, Jalan Raya Prabu Gajah Agung, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Didakwa Pasal Berlapis, WN Prancis Gembong Narkoba Dorfin Felix Terancam Hukuman Mati

Agus menuturkan, selain Kecamatan Jatinangor, peringkat kedua tertinggi pengguna dan pengedar narkoba adalah Kecamatan Sumedang Utara, lalu disusul Kecamatan Tanjungsari.

"Di dua kecamatan ini, telah teraring 12 orang pengguna dan pengedar di tiap kecamatan," tuturnya.

Agus menyebutkan, selain warga asal tiga kecamatan itu, pengguna dan pengedar narkoba juga tersebar di sejumlah kecamatan lainnya. Yakni di Cimanggung 5 orang, Sumedang Selatan 8 orang, Cimalaka 7 orang, Situraja 2 orang dan di Pamulihan 8 orang.

Bahkan, kata Agus, di wilayah yang jauh dari pusat Sumedang kota dan Jatinangor pun sudah ada yang terjaring karena narkoba.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X