Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Sholah Bantah Bakal Hadiri Deklarasi Kiai Dukung Prabowo

Kompas.com - 05/03/2019, 10:00 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), menegaskan dirinya pada posisi netral dalam percaturan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Gus Sholah juga membantah dirinya bakal hadir ataupun terlibat dalam pertemuan dan deklarasi dukungan kiai dan santri kepada pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 02 Prabowo - Sandi yang direncanakan digelar di Pasuruan.

Pernyataan bantahan tersebut menyusul beredarnya surat undangan dengan kop surat Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin (BKSN) yang beredar lewat pesan Whatsapp grup, sejak Minggu (4/3/2019) kemarin.

Surat pemberitahuan dan undangan yang ditujukan kepada Hj. Nur Asia Uno tersebut, mengagendakan kegiatan Gerakan Hizb Nasional dan Deklarasi Dukungan Prabowo-Sandi di Pondok Pesantren Tajul Muslimin Pasuruan, pada Jum'at (8/3/2019) mendatang.

Baca juga: Putra Gus Sholah Fokus Menangkan Jokowi di Banten, DKI dan Jabar

Dalam surat yang belum ditanda tangani oleh Ketua dan Sekretaris panitia tersebut tercantum nama KH. Salahuddin Wahid sebagai salah satu tokoh pesantren yang bakal menghadiri kegiatan tersebut.

"Enggak lah, mengerti juga tidak. Saya tidak ngerti sama sekali, dihubungi juga tidak. Dihubungi pun saya tidak akan datang," ujar Gus Sholah saat ditemui di Pesantren Tebuireng Jombang, Senin (4/3/2019) siang.

Sebelumnya, bantahan Gus Sholah bahwa dirinya bakal hadir dalam pertemuan Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin di Pasuruan dipublikasikan laman tebuireng.online, situs milik Pesantren Tebuireng, pada Senin (4/3/2019) pagi.

Pada laman tersebut, Gus Sholah menegaskan sikap netralnya dalam Pilpres 2019. Pernyataan senada disampaikan saat adik kandung Gus Dur ini ditemui Kompas.com di kediamannya.

Baca juga: Bareng Gus Sholah dan Yenny Wahid, Jokowi Ziarahi Makam Pendiri NU

"Saya kan sudah menyatakan netral. Saya tidak mendukung Pak Jokowi, saya juga tidak mendukung Pak Prabowo," katanya.

Ditambahkan, para kiai dan tokoh yang tergabung dalam Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN) ataupun Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin (BKSN), telah bertemu dan berdiskusi dengan mantan anggota Komnas HAM ini.

Kepada keduanya, Gus Sholah menyatakan tidak akan berdiri pada salah satu pihak, baik JKSN maupun BKSN. "Sudah saya sampaikan kepada keduanya, saya harus netral," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com