Penerbangan Reguler dari Bandara Husein Dipindahkan ke BIJB Usai Cisumdawu Selesai

Kompas.com - 05/03/2019, 07:19 WIB
Direktur Utama AP 2, Muhammad Awaluddin memberikan pemaparan tentang industri 4.0 dalam ?CEO Goes to Campus? di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Senin (4/3/2019). KOMPAS.com/RENI SUSANTIDirektur Utama AP 2, Muhammad Awaluddin memberikan pemaparan tentang industri 4.0 dalam ?CEO Goes to Campus? di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Senin (4/3/2019).

SUMEDANG, KOMPAS.comPenerbangan reguler di Bandara Husein Sastranegara Bandung, akan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

“Yang reguler bisa pindah ke Kertajati jika aksesnya sudah selesai. Kalau enggak, masyarakat bisa marah,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin kepada Kompas.com seusai “CEO Goes to Campus” di Universitas Padjadjaran di Jatinangor Sumedang, Senin (4/3/2019).

Awaluddin menjelaskan, akses yang dimaksud adalah Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Menurut informasi yang diperolehnya, tol tersebut selesai akhir tahun ini.

“Investor dan kontraktornya sedang mempecepat. Informasinya masih ada beberapa section yang belum selesai,” tuturnya.

Baca juga: Diselundupkan via Bandara, 1.500 Kura-kura Langka Dilakban dalam Koper

Tanpa Cisumdawu, akses menuju Kertajati terbilang lama. Penumpang hanya bisa melalui jalur Purbaleunyi-Cikampek-Cipali-kemudian keluar di KM 156.

“Apalagi lewat jalan lama dari Cileunyi kemudian Sumedang. Belum lagi ada pasar tumpah, tambah lama,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap Tol Cisumdawu segera selesai. Sehingga berbagai rencana di Cisumdawu bisa segera terwujud.

“Sesuai kesepakatan dengan Menteri Perhubungan dan Gubernur Ridwan Kamil, BIJB akan fokus untuk haji umrah, pariwisata. (Penerbangan) di Husein akan digeser, sehingga porsinya besar di Kertajati,” tuturnya.

Apalagi, Kertajati sudah memiliki berbagai fasilitas. Misal, runway yang mencapai 3.000 meter sehingga pesawat besar seperti Airbus 380 bisa masuk.

“Kalau Husein runway masih 2.500, jauh di bawah Kertajati. Jadi untuk long haul flight idealnya dari Kertajati,” ucapnya.

Meski dipindah ke BIJB, Bandara Husein akan tetap ada. Karena Bandung memiliki potensi yang cukup besar.

“(Husein) bisa untuk charter flight, medical evacuation, dan lainnya,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X