Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Anak Muda Diajak Jadi Wirausaha Kopi....

Kompas.com - 04/03/2019, 08:49 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kegemaran anak muda mengkonsumsi kopi semakin tinggi. Hal itu berdampak pada munculnya tempat-tempat pengolah kopi, laiknya kedai, bar hingga cafe.

Di Kota Semarang, Jawa Tengah, tempat-tempat untuk menikmati kopi muncul dengan berbagai macam varian. Salah satunya 3D Latte Artist Kofitiere Artisan Semarang.

Di kafe yang terletak di sekitar kampus Univesitas Diponegoro, kopi yang dijual disajikan dengan penuh artistik.

Roni Dwi Prayoga, Head Bar and 3D Latte Artist Kofitiere Artisan Coffe Semarang, berbagi cerita bagaimana membuat kopi dengan tampilan yang menarik.

Baca juga: Mencicipi Sensasi Kopi Wine Liberika Rasa Nangka di Kendal

Seorang yang menyajikan olahan kopi atau seorang barista harus mau terus menerus belajar. Para barista juga harus melakukan inovasi secara terus menerus.

"Kalau mau sukses, inivasi harus terus menerus. Barista juga harus mampu menjaga kebersihan," kata Roni, dalam kegiatan Workhsop Art & Cofeepreneur Day 2019, Sabtu (2/3/2019).

Dalam kesempatan ini, Roni mengajak anak muda yang datang di kedainya agar berani menjadi coffeepreneur atau wirausaha kopi. Dia pun berbagi pengalaman menyajikan kopi untuk para pelanggannya.

Setelah selesai membagikan pengalaman, Roni kemudian menujukkan bagaimana cara menyajikan kopi secara artistik, dan sehat.

Kampanye hidup sehat

Jackson Kornelius, Coorporaee Strategic Alliance PT Nutrifood Jawa Tengah dan DIY, mengatakan, kopi saat ini identik dengan anak muda.

Kaum muda diajak untuk tidak sekedar menjadi penikmat kopi, namun juga terjun di bisnis kopi. Para kaum muda pun diajari untuk membuat kopi, namun tidak melupakan tampilan seni dan kesehatan.

"Tropicana ikut mengedukasi mereka agar bisa ikut membantu menikmati kopi dengan sehat," katanya.

Baca juga: Menikmati Kopi yang Dicampur Arang Membara di Pangkal Pinang

Gelaran Art & Cofeepreneur Day 2019 digelar di sembilan kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Bali dan Makassar.

Tropicana memberikan inspirasi kepada kaum muda pencinta kopi agar berani menjadi coffeepreneur atau wirausaha kopi. Kegiatan diikuti 30 influencer, yang diisi dengan membuat kreasi 3D Art Latte dan cofeepreneurship talk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com