Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunarti, Penderita Obesitas Asal Karawang Meninggal Dunia

Kompas.com - 02/03/2019, 12:34 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com — Sunarti (39), penderita obesitas dengan berat 148 kilogram asal Karawang, Jawa Barat, meninggal dunia pada Sabtu (2/3/2019) sekitar pukul 04.00.

"Ibu Sunarti meninggal pada pukul 04.00. Menurut keluarga, Sunarti sempat mengeluh sesak napas," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesos Kecamatan Klari Asip Suhenda kepada Kompas.com, Sabtu.

Oleh keluarga, Sunarti dimakamkan di dekat pusara ibunya, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Anjun, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

"Ini permintaan keluarga," katanya.

Baca juga: Pascabedah Lambung, Sunarti Hanya Diperkenankan Konsumsi Makanan Cair Selama 2 Minggu

Sunarti diketahui pulang ke rumahnya di Perumahan Terangsari, Blok E9/25, Desa Cibalongsari, Kabupaten Karawang, Jumat (1/3/2019), setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Pulang pada Jumat (1/3/2019) karena limit waktu berobat dengan BPJS habis. Harus diperbarui dengan rujukan yang baru," kata Asip.

Melihat kondisi Sunarti yang membaik, dokter RSHS Bandung membolehkannya pulang dan dianjurkan untuk berobat jalan. Di RSHS Bandung, Sunarti dirawat sekitar satu bulan.

Baca juga: Sebelum Bedah Lambung, Diet Sunarti Turunkan Berat Badannya Jadi 136 Kg

Di RSHS, Sunarti sempat menjalani operasi bariatrik. Dua pertiga lambung Sunarti dipotong sehingga tersisa sepertiga bagian. Operasi itu bertujuan untuk mengurangi volume dan kapasitas jumlah makanan yang dikonsumsi Sunarti. Selain itu, tim dokter juga mengangkat alat sensor lapar yang berada di bagian lambung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com