Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi: Partisipasi Pemilih Golkar untuk Jokowi-Ma'ruf Amin Naik Tajam

Kompas.com - 02/03/2019, 07:38 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi  mengatakan, partisipasi pemilih Partai Golkar terhadap calon presiden pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meningkat signifikan.

Bahkan, kata Dedi, berdasarkan hasil survei terakhir yang digelar Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Jabar, dukungan pemilih Golkar untuk Jokowi-Ma'ruf mengalami kenaikan tajam hingga menembus 71,3 persen dibandingkan hasil survei perdana yang hanya di kisaran 40 persen.

"Terus mengalami kenaikan. Sekarang berada di kisaran 71 persen lebih, dan saya yakin partisipasi pemilihnya akan terus meningkat," ujar Dedi, seusai Rapat Koordinasi TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jumat (1/3/2019).

Hasil survei yang menunjukkan kenaikan hingga lebih dari 7 persen itu menempatkan Golkar sebagai salah satu partai politik (parpol) pengusung Jokowi-Ma'ruf di posisi kedua setelah PDI-P yang sukses menyumbangkan suaranya hingga 90 persen lebih.

Baca juga: Airlangga Hartarto: Caleg Golkar Wajib Pasang Gambar Jokowi

Dengan kenaikan tersebut, partisipasi pemilih Partai Golkar mengungguli partai pengusung lainnya seperti PKB, PPP, Hanura, NasDem dan serta partai pengusung lainnya.

"Jadi, artinya apa yang dilakukan selama ini cukup memiliki pengaruh. Sehingga, kalau (elektabilitas) Golkarnya terus mengalami kenaikan dan partisipasi pemilih terhadap Pak Jokowi dari Partai Golkar meningkat, maka ini semakin baik buat Pak Jokowi di Jabar," paparnya.

Dedi yang juga ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar itu berharap, dukungan pemilih Golkar kepada Jokowi-Ma'ruf di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 terus meningkat.

Di sisa masa kampanye yang tinggal sekitar satu bulan efektif ini, Dedi menginginkan, Golkar menyumbangkan suara untuk Jokowi-Ma'ruf hingga 80 persen.

"Tetapi, elektabilitas Partai Golkar-nya juga harus meningkat karena hal itu akan berpengaruh terhadap kemenangan Pak Jokowi," jelas Dedi.

Demi mewujudkan harapan tersebut, kinerja mesin Partai Golkar harus terus ditingkatkan. Selain itu, sosialisasi Jokowi-Ma'ruf pun harus digenjot secara masif.

Dedi menyebut, serangan darat dan udara akan dioptimalkan pihaknya demi kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Provinsi Jabar.

"Kinerja darat harus jalan, kan kinerja udara juga saya lakukan. Sehingga, tingkat pemberitaan Partai Golkar relatif baik, konten di media sosial juga baik," katanya.

Sebelumnya, Dedi mengatakan, arah dukungan pemilih Golkar di ajang Pilpres 2019 sudah jauh berbanding terbalik dibandingkan Pilpres 2014 ketika Golkar mengusung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dedi menjelaskan, masih adanya pemilih Golkar yang tidak memilih Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 tak lepas dari keputusan Partai Golkar mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2014. Dia mengakui, masih ada pemilih Golkar yang belum "move on".

Baca juga: Dedi Mulyadi: Ma’ruf Amin Sosok yang Tepat untuk Orang Sunda

Dedi juga menekankan, persentase partisipasi pemilih Golkar untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu tak bisa dibandingkan dengan pemilih PDIP yang bisa dipastikan memilih Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Sebab, kata Dedi, sosok Jokowi sudah sangat terasosiasi dengan PDIP.

"Karena Pak Jokowi pasti memiliki dampak politik bagi elektabilitas PDIP," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com