Usai Tengok Ibunya, Sakiman Bunuh Diri dengan Minum Racun Serangga

Kompas.com - 01/03/2019, 08:52 WIB
Ilustrasi racun.Shutterstock Ilustrasi racun.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga Padukuhan Soga, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, dikejutkan dengan penemuan mayat seorang warga yang sudah lama merantau, Kamis (28/2/2019) petang.

Diduga mayat itu korban bunuh diri dengan mengonsumsi obat racun serangga.

Kapolsek Semanu AKP Ahmad Fauzi melalui Kanit Reskrim Iptu Sujino mengatakan, mayat tersebut atas nama Sakiman (64), warga Sobahan, Medari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Mayat Sakiman pertama kali ditemukan Salio, warga Dusun Soga. Saat itu, saksi Salio hendak pulang ke rumah dan melintas di sebuah ladang yang jauh dari permukiman. Ketika itu, ia melihat Sakiman sudah dalam kondisi tergeletak di ladang.


Saksi berusaha memanggil, tetapi tidak ada jawaban. Setelah didekati, Sakiman tampak tergeletak dengan posisi terlentang dan sudah kaku.

Baca juga: Istri dan Anak Enggan Pulang ke Rumah, Petani Bunuh Diri di Pohon Karet

Salio meminta bantuan warga untuk mengecek dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Semanu. Tubuh Sakima saat ditemukan pun masih lengkap dengan pakaian yang dikenakan.

"Dapat laporan warga anggota langsung menuju ke lokasi kejadian bersama dengan petugas medis untuk melakukan pengecekan," terang Iptu Sujino saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon, Kamis

Berdasarkan hasil penyisiran di sekitar lokasi kejadian oleh kepolisian, tak jauh dari tempat Sakiman tergeletak didapati sejumlah barang-barang milik korban. Barang dimaksud antara lain kaca mata, topi, gelas dan botol minuman.

"Dari botol minuman itu kami lakukan pemeriksaan lanjutan, dugaan cairan dalam botol adalah racun yang diminum untuk mengakhiri hidupnya," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan oleh pihak medis dan dikuatkan dengan barang bukti yang diperoleh, korban meninggal murni karena meminum racun serangga. Tidak ditemukan unsur kekerasan pada tubuh korban.

"Sementara untuk penyebab melakukan tindakan ini masih kami dalami," imbuh dia.

Baca juga: Usai Dirawat di RS, Pensiunan Polri Bunuh Diri Terjun ke Sungai

Sementara itu Dukuh Soga, Suwarti mengatakan, korban saat ini tercatat sebagai warga Temanggung. Sakiman baru beberapa hari di Soga untuk menengok ibu dan saudaranya.

Kontak bantuan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X