Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKD Jabar Siapkan Rapat Akbar di Sejumlah Daerah di Jawa Barat

Kompas.com - 28/02/2019, 20:12 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Lima puluh hari hari menjelang waktu pencoblosan Pemilu Presiden dan Legislatif pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Barat berencana menghadirkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin ke sejumlah daerah di Jawa Barat.

Sekretaris TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Barat Abdy Yuhana mengatakan, Jokowi dan Ma’ruf Amin akan dihadirkan dalam kampanye terbuka berbentuk gelaran rapat umum atau rapat akbar.

“Hari ini TKD berkoordinasi membahas terkait tahapan pemilu pilpres yang terkait rapat umum atau kampanye terbuka. Kami hari ini akan menyusun strategi di mana saja titik kampanye yang akam difokuskan pada saat Pak Jokowi atau Pak Ma’ruf Amin datang ke lokasi tersebut,” kata Abdy saat ditemui di Hotel Malaka, Jalan Malabar, Kota Bandung, Kamis (28/2/2019).

Abdy menambahkan, rapat akbar yang menghadirkan Jokowi dan Ma’ruf Amin merupakan pelengkap strategi pemenangan Pilpres 2019.

Baca juga: Tanggapan TKD Jabar soal Video Jika Jokowi Terpilih, Tak Ada Lagi Azan

Menurut dia, tidak hanya mengandalkan kampanye terbuka, kampanye dari rumah ke rumah (door to door)pun sudah lebih dulu dilakukan oleh para caleg partai koalisi.

“Pola pemenangan kami menggunakan pola pemenangan yang komprehensif, menggunakan serangan darat dan udara. Serangan darat itu mikro targeting yang hanya bisa dilakukan dengan pola door to door dan sudah dilaksanakan dengan caleg yang kita miliki oleh partai koalisi. Jadi selain deklarasi, door to door tetap berjalan, dan ini semakin kita dorong supaya lebih massif,” katanya.

Abdy mengatakan, rapat akbar atau kampanye terbuka masih cukup berpengaruh. Menurut dia, potensi suara yang bisa diraup dengan menggunakan strategi kampanye akbar mencapai 40 persen dari target. Sementara kampanye door to door bisa mendapat 60 persen suara dari target.

“Efektivitasnya adalah bisa bertemu langsung dengan masyarakat, menyampaikan pesan dengan pemahaman yang sama kepada masyarakat dan membangun spirit untuk kerja keras untuk menang, dan masyarakat bisa tahu dan memahami visi, misi serta program-program dari pasangan calon,” katanya.

Kriteria lima daerah yang akan dikunjungi Jokowi dan Ma’ruf Amin, lanjut Abdy, adalah wilayah yang memiliki banyak jumlah penduduk.

"Selain penduduknya banyak juga memiliki akses yang menjadi titik temu beberapa wilayah,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Kampanye TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Barat mengatakan, pihaknya akan mencari lima tempat di lima wilayah di Jawa Barat yang akan menjadi lokasi perhelatan rapat akbar yang akan dihadiri Jokowi atau Ma'ruf Amin.

“Kita akam gelar rapat akbar di daerah Cirebonan; Bandung Raya; Priangan Timur fokusnya di Kabupaten Tasikmalaya; Bogor, Subang, Karawang dan Purwakarta,” tandasnya.

Baca juga: TKD Jawa Barat Klaim Jokowi Raih Suara 41 Persen di Garut

Wilayah yang menjadi lumbung suara Prabowo-Sandiaga juga akan disambangi Jokowi, seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok.

“Yang jelas, lima wilayah ini potensi pemilihnnya banyak, ada skala prioritas termasuk Bogor Kota Bogor dan Kota Depok serta Kota Bekasi yang mencapai 9 juta pemilih,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com