Khofifah Boyong Pengelola Limbah B3 yang Berpengalaman 26 Tahun di Bogor ke Jatim

Kompas.com - 28/02/2019, 20:08 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama 38 kepala daerah menandatangani komitmen bersama pemberantasan korupsi terintegrasi di Jawa Timur bersama KPK di Gedung Negara Grahadi, Kamis (28/2/2019). Dok. Pemprov Jatim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama 38 kepala daerah menandatangani komitmen bersama pemberantasan korupsi terintegrasi di Jawa Timur bersama KPK di Gedung Negara Grahadi, Kamis (28/2/2019).


SURABAYA, KOMPAS.com - PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) dipercaya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, untuk beroperasi di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lamongan.

Perusahaan pengolah limbah ini sebelumnya beroperasi di Desa Nambo, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

"Perusahaan ini sudah berpengalaman di Cileungsi Bogor, selama 26 tahun," kata Khofifah, usai acara penandatanganan komitmen pemberantasan korupsi bersama KPK, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: KLHK Usut Kasus Limbah B3 di Markas Militer Surabaya


PPLI, kata dia, sebenarnya sudah sejak 2013 menjalani proses perizinan.

"Karena memang banyak proses perizinan yang harus dilalui, semoga Mei izin amdalnya sudah turun, dan Agustus mulai konstruksi infrastrukturnya. 10 bulan kemudian bisa langsung beroperasi," terang dia.

Jawa Timur, kata dia, selama ini belum memiliki pusat pengolahan limbah B3. Limbah dari pabrik-pabrik sebagian dibawa ke Cileungsi dan sebagian bahkan dibuang di sejumlah lokasi markas TNI untuk dimanfaatkan.

Baca juga: KLHK Akan Verifikasi Korban Terdampak Material Limbah B3 di Markas Militer

Data dari Dinas Lingkungan Hidup Jatim, saat ini potensi limbah B3 di Jatim 400 juta ton, sementara yang tercatat baru 170 juta ton, 150 juta ton limbah di antaranya dari komplek PLTU Paiton.

Pemprov Jatim sebenarnya sudah memproses pusat pengolahan limbah B3 terpadu di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X