Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Bangun Posko Kesehatan dan Dapur Umum di Lokasi Terdampak Gempa Sumbar

Kompas.com - 28/02/2019, 16:29 WIB
Rahmadhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS. com - Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat (Sumbar) Rumainur mengatakan, pihaknya telah membuka posko kesehatan serta dapur umum guna memfasiitasi warga Solok Selatan, Sumatera Barat yang terdampak gempa, Kamis (28/2/2019).

"Saat ini terdapat 55 Kepala Keluarga yang mengungsi karena rumahnya mengalami kerusakan, gempa susulan terus berdatangan. Kami imbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak benar, " ujar Rumainur melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis. 

Baca juga: Update Gempa Sumbar: 48 Warga Terluka dan 343 Rumah Rusak

Rumainur mengatakan, jumlah korban akibat gempa Solok Selatan terus bertambah. Berdasarkan data BPBD Sumbar hingga pukul 14.00 WIB, sebanyak 48 orang mengalami luka-luka akibat gempa. Seorang warga dirawat di RSUD Solok Selatan. 

Rumainur menambahkan, hingga Kamis siang jumlah kerusakan terus bertambah dengan kerusakan terjadi pada 343 unit rumah. Terdapat 29 unit rumah mengalami rusak berat, 118 unit rumah mengalami rusak sedang, dan 196 unit rumah mengalami rusak ringan.

Baca juga: Gempa Bumi Sumbar, 11 Warga Solok Selatan Luka Ringan, Puluhan Rumah Rusak

"Kemudian, sejumlah fasilitas umum juga turut mengalami kerusakan. Seperti, MIN 3 Solok Selatan, Puskesmas Mercu Kecamatan Sangir Balai Janggo, Posyandu Nagari Talunan Maju dan satu unit musala di Kecamatan Sangir Balai Janggo," ujar Rumainur.

Sebelumnya, telah terjadi gempa magnitudo 5 pada Kamis, pukul 06.27 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com