Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal Harga Sayur Murah, Petani Babat Tanaman Sayur Miliknya

Kompas.com - 26/02/2019, 16:20 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Sejumlah petani di Sidomulyo Tembesi, Batam, Kepulauan Riau, memilih membabat habis tanaman sayur mereka sendiri.

Hal ini dilakukan karena mereka kecewa dengan harga sayuran yang saat ini anjlok di pasaran.

Ketua kelompok Tani Tembesi, Yusuf saat ditemui di kebunnya mengaku harga sayuran di pasaran sangat tidak manusiawi. Keuntungan yang didapat tak sebanding dengan modal produksi yang sudah dikeluarkan.

"Begitu panen harganya anjlok. Garga saat ini sangat tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan selama masa bercocok tanam," kata Yusuf di kebunnya, Selasa (26/2/2019).

Saat ini, kata Yusuf, sayur miliknya dibeli Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per kilogram. Bahkan ada yang tidak laku karena tidak diambil para pedagang.

Baca juga: Buah Naga Merah Banyuwangi, yang Disayang dan Dibuang...

Yusuf mengatakan, sebenarnya petani sayur di Tembesi tidak ingin membabat tanamannya sendiri. Namun karena tidak ada solusi dari pemerintah, akhirnya kekecewaan mereka diluapkan dengan membabat seluruh tanaman sayur yang mereka miliki ini.

"Rata-rata sayuran ini berusia 20 hari dan siap panen. Namun karena harganya anjlok, akhirnya kami babat," katanya.

"Makanya tidak ada cara lain untuk meluapkan kekesalan ini. Pembabatan ini kami lakukan juga agar bisa secepatnya melakukan pergantian jenis tanaman yang akan kami tanam untuk menimalisir kerugian yang kami alami," ujarnya.

"Kami juga berharap agar pemerintah kota atau instansi terkait dapat mengontrol harga harga di pasaran sehingga petani tidak terus menerus dirugikan," katanya.

Baca juga: Tanam Buah Naga Organik di Banyuwangi yang Berakhir Manis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com