Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung di Sukabumi, Jumlah Bangunan Rusak Bertambah, Rumah hingga SPBU

Kompas.com - 23/02/2019, 08:49 WIB
Budiyanto ,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Jumlah rumah rusak terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Cicantayan, Sukabuni, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019) terus bertambah.

Data sementara Kecamatan Cicantayan hingga pukul 22.00 WIB, tercatat sebanyak 132 bangunan terdampak, seperti rumah, satu unit bangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), dan dua toko.

Selain itu, sejumlah pepohonan tumbang, di antaranya hingga menimpa rumah. Terdapat pula puluhan pepohonan jenis Jabon patah pada bagian batangnya hingga tumbang di lahan milik perusahaan.

Bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, bersamaan dengan hujan deras disertai petir. Bencana ini melanda sejumlah perkampungan di empat desa, yakni Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan.

"Jumlah bangunan terdampak sampai saat ini mencapai 132 unit, di antaranya ada pom bensin, dua toko dan rumah warga," ungkap Camat Cicantayan Sendi Apriyadi kepada Kompas.com di Kantor Desa Lembursawah, Jumat malam.

Baca juga: Sebelum Diterjang Angin Kencang, 4 Desa di Sukabumi Diguyur Hujan Es

Pada malam ini juga, lanjut dia, ada tujuh kepala keluarga yang mengungsi karena rumahnya rusak. Ada yang tertimpa pohon tumbang dan atapnya atau gentingnya rusak hingga air masuk ke dalam rumah.

"Warga yang rumahnya rusak ini mengungsi ke rumah kerabat atau tetangganya," ujar Sendi yang baru menjabat empat bulan sebagai Camat Cicantayan.

Dia menuturkan, pada Jumat malam, pihaknya masih akan terus mendata dan mengklarifikasi laporan-laporan yang diterimanya.

"Malam masih difokuskan pada penanganan daruratnya. Sabtu akan kami verifikasi sehingga nantinya diketahui kategori kerusakannya," tutur mantan Camat Bojong genteng itu.

Baca juga: Ini Kisah di Balik Balita Korban Puting Beliung yang Digendong Ridwan Kamil

Sebelumnya diberitakan, angin puting beliung merusak rumah milik warga di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/2/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. Selain merusak rumah, sejumlah pohon juga ikut tumbang.

Pantauan Kompas.com di salah satu lokasi terdampak yaitu di Dusun Bantarkaret, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, terdapat beberapa rumah tertimpa pohon tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com