Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5,0 Guncang Kabupaten Maluku Barat Daya

Kompas.com - 22/02/2019, 21:02 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Jumat (22/2/2019) pukul 21.54 WIT.

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statsiun Ambon, gempa tersebut berlokasi pada 7.38 Lintang Selatan dan 127.6 Bujur Timur atau berjarak 51 kilometer barat Laut Tiakur dan 57 kilometer timur Laut Kisar.

Adapun gempa tersebut berada pada kedalaman 126 kilometer di bawah permukaan laut. Hingga kini, belum ada laporan resmi terkait ada atau tidaknya dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Baca juga: Kapal Pengangkut Bahan Bangunan Tenggelam di Perairan Maluku

Meski begitu, warga di wilayah itu diminta tidak perlu khawatir karena gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Diminta agar tetap tenang dan tidak perlu panik karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Statsiun Ambon, Andi Azhar Rusdin, Jumat malam.

Provinsi Maluku merupakan salah satu wilayah rawan gempa dan tsunami di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan dua lempeng itu menyebabkan patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com