Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Anak di Bawah Umur Terlibat Kecelakaan Setiap Tahun

Kompas.com - 22/02/2019, 17:25 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Tingginya kasus kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, cukup tinggi. Tahun lalu, ada ratusan pelajar yang menjadi pelaku kecelakaan.

"Angka kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur cukup tinggi ya di sini," kata Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko kepada wartawan di Mapolres Gunungkidul, Jumat (22/2/2019).

Berdasarkan data dari Unit Lakalantas Polres Gunungkidul, selama 2018 ada ratusan anak rentang usia 0-9-15 tahun terlibat lakalantas. Adapun jumlahnya mencapai 127 kasus, dengan seorang meninggal dunia. Jika dilihat dari kronologi, sebagian besar kecelakaan ada unsur kelalaian manusia (human error).

"Sebenarnya sudah dilakukan upaya untuk meminimalisir kecelakaan dengan melakukan sosialisasi ke sekolah," ucapnya.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Bisa Bikin Jatuh Miskin

"Dengan kondisi geografis seperti ini. Jarak antara sekolah dan rumah yang cukup jauh kadang kita dilematis,"ujarnya.

Secara aturan, anak di bawah umur tidak boleh berkendara. Namun demikian, dalam penegakan aturan juga mempertimbangkan banyak aspek. Apalagi, di Gunungkidul minim angkutan kota dan pedesaan.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Perhubungan terkait dengan sarana angkutan massal.

"Angkutan umum di Gunungkidul jumlahnya terbatas. Jika sudah demikian, peran orang tua menjadi sangat vital,"katanya.

"Kami juga akan menggelar sosialisasi dengan jumlah masa yang besar terutama kalangan milenial Millennial Road Safety Festival pada 3 Maret mendatang di titik 0 kilometer,"ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Syarief Armunanto mengatakan, fenomena anak-anak menggunakan sepeda motor ke sekolah memang harus disikapi secara bijak.

Penggunaan kendaraan oleh anak di bawah umur juga harus ditindak lanjuti, karena sangat berbahaya.

"Kami masih memiliki satu armada, nanti bisa digunakan untuk angkutan massal. Untuk rutenya, nanti kami bahas terlebih dahulu," katanya. 

Kompas TV Millenial Road Safety Festival digelar Ditlantas Polda Metro Jaya, Minggu (20/1) pagi sebagai sosialisasi tertib berlalu lintas. Memanfaatkan hari bebas kendaraan, sejumlah selebritas ikut meramaikan gelaran ini.<br /> <br /> Pemahaman tertib berlalu lintas bagi milenial dinilai sangat penting. Sebab, 55 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama 2017 hingga 2018 menimpa usia remaja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com