Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 1.066 Pemilih Disabilitas di Kabupaten Sikka, TPS Dipersiapkan Khusus

Kompas.com - 22/02/2019, 10:23 WIB
Nansianus Taris,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sikka, NTT mencatat, ada 1.066 penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Sikka yang akan memilih dalam Pemilihan Umum April 2019 mendatang.

Ketua KPUD Sikka Hery Soge menjelaskan dari 1.066 itu, pemilih tuna netra berjumlah 271, tuna rungu atau tuna wicara 186, tuna grahita 183, dan 426 pemilih lainnya.

"Mereka tetap memilh di bilik suara. Mereka akan dibantu dengan templatenya," jelas Hery Soge kepada wartawan di kantor KPUD Sikka, Rabu (20/2/2019).

Ia menjelaskan, jumlah pemilih disabilitas di Sikka didapat setelah petugas KPU melakukan pendataan dari rumah ke rumah sebelum pemutakhiran data.

Baca juga: Pemilu 2019, TPS di Magetan Dipastikan Ramah Disabilitas

Ia mengatakan, tempat pemugutan suara (TPS) yang harus memberikan akses yang baik bagi pemilih penyandang disabilitas. Ia mencontohkan, bilik suara harus memudahkan kursi roda untuk lewat.

"Pemilih disabilitas pun bila dianggap perlu disiapkan pendamping maka dirinya bisa membawa pendamping sendiri atau ditunjuk oleh petugas KPPS," kata Hery.

Hery menambahkan, tidak ada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang tercatat sebagai pemilih di Kabupaten Sikka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com